Pemanfaatan Aplikasi Belanja sebagai Media Penjualan bagi UMKM di Desa Kerinjing Ogan Ilir pada Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1163Keywords:
Aplikasi Belanja, Media Penjualan, UMKMAbstract
Kegiatan Pelatihan “Pemanfaatan Aplikasi Belanja Sebagai Media Penjualan Bagi UMKM di Kerinjing Ogan Ilir Pada Masa Pandemi Covid 19” merupakan bentuk pelatihan bagi masyarakat Desa Kerinjing Ogan Ilir untuk memahami dan mengaplikasikan berbagai format penjualan yang adaptable sehingga pelaku usaha memiliki kemampuan untuk melakukan usaha melalui mode aplikasi teknologi yang memudahkan proses transaksi. Ogan Ilir memiliki potensi dalam mengembangkan usaha bagi produk-produk yang dihasilkan oleh daerah tersebut. Pelatihan bagi pelaku usaha dengan memperkenalkan aplikasi penjualan dengan berbagai fitur yang dapat di manfaatkan oleh pelaku usaha menjadikan sebagai strategi untuk berkembang. Pelaku usaha dibekali kemampuan untuk menjual produk melalui aplikasi untuk meningkatkan nilai jual produk yang dimiliki dan mencapai pangsa pasar yang lebih besar. Di masa pandemi, pelaku usaha dapat melakukan bentuk mode penjualan yang bervariasi. Tidak hanya mengandalkan penjualan secara tradisional, pelaku usaha juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan memasukan produk yang dijual ke dalam sebuah aplikasi penjualan. Bagi pembeli, aplikasi yang di akses akan memudahkan mereka mencari, membandingkan sampai melakukan pembelian pada tempat yang diinginkan. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya, hanya dengan membuka aplikasi yang dimiliki oleh pelaku usaha untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Pembeli akan menentukan barang mana yang dibutuhkan, mencari, dan memesannya dengan harga yang diinginkan setelah itu bisamelakukan pembayaran melalui aplikasi yang dimiliki oleh pelaku usaha dan memilih cara penghantaran yangdiinginkan.
References
Febriyantoro, Mohamad dan Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, Vol.1, No.
Handoko, B. S. D. dan T. H. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (Edisi Pert). BPFE, Yogyakarta.
Hildamizanthi. (2011). Strategi pada E-commerce Perusahaan. Andi, Yogyakarta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016 Manajemen Pemasaran , Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. LakBang PRESSindo : Yogyakarta.
Pramudita, A. S., Yanuar, A., & Hilman, T. (2019). Business Model Formulation for E-Newspaper in Indonesia (Case Study: Pikiran Rakyat). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 20(1), 15–31. https://doi.org/10.24198/jbm.v20i1.250
Rohaya, S. (2008). INTERNET: PENGERTIAN, SEJARAH, FASILITAS DAN KONEKSINYA. Jurnal Fihris, Vol.III, N. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/362%0A
Siregar. (2010). Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce.
Sudaryanto. (2012). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, Vol.1, No.
Sukmajati. (2009). Penerapan Eommerce untuk Meningkatkan Nilai Tambah (Added Value) bagi Perusahaan. https://aninasukmajati.wordpress.com/
Willian J. Stanton and Charles Futrell, Fundamental or Marketing, 8Th ed, Singapore: McGraw Hill Book, 1987, p.6.
https://www.bps.go.id
http://www.oganilirkab.go.id
https://www.sirclo.com/sejarah-perkembangan-marketplace-di-indonesia/ https://idcloudhost.com/pengertian-e-commerce-dan-contohnya-komponen-jenis-dan- manfaat-e-commerce
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.