Pelatihan Pembuatan Conblock dari Sisa Limbah Karet sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Authors

  • Henggar Risa Destania Universitas Indo Global Mandiri
  • Achmad Syarifudin Universitas Bina Darma Palembang

Keywords:

conblock; tatal; desa air lintang; ekonomi

Abstract

Upaya peningkatan perekonomian masyarakat merupakan salah satu tujuan dari perkembangan dan pertumbuhan industri khususnya dibidang perkebunan. Karet sebagai salah satu komoditi utama mempunyai peranan penting dalam peningkatan perekonomian masyarakat di suatu daerah. Akan tetapi hal tersebut juga mempunyai dampak negatif seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan apabila tidak di rencanakan dengan baik. Limbah karet yang tercipta sebagai sisa dari pengolahan karet mentah perlu adanya penanganan yang baik agar tidak merugikan dan perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin. Pembuatan conblock pada dasarnya berupa campuran semen, pasir dan air, namun dalam hal pemanfaatan bahan tambahan yang tersedia seperti tatal karet sebagai hasil limbah, conblock ini dapat dimanfaatkan berupa beton non struktur yang terdiri atas campuran tatal karet, cacah plastik, pasir, dan semen. Pembagian persentase untuk bahan tersebut yaitu 5% untuk tatal karet yang sudah dikeringkan dan pasir sebesar 1%, 2,5% dan 5% sebagai perbandingan berat semen. Conblock yang dihasilkan terbukti dapat bermanfaat bagi masyarakat Muara Enim baik dalam segi ekonomi, produksi dan keindahan. Conblock tersebut dapat digunakan menjadi pembuatan lahan parkir, jalan setapak maupun dijual.

References

Badan Pusat Statistik. (2013). Statistik Karet Indonesia. Jakarta.
Daud D, S. (2016). Pemanfaatan karet limbah industri crumb rubber sebagai bahan subtitusi karet SIR pada pembuatan suku cadang kendaraan bermotor. Prosiding Seminar Nasional Kulit Karet dan Plastik.
Direktorat Jenderal Perkebunan. (2017). Statistik Perkebunan Indonesia (Karet).
Najib, M. A. (2018). Beton Normal dengan Menggunakan Ban Bekas sebagai Pengganti Agregat Kasar. Jakarta.
Pusat Litbang Permukiman. (2010). Pemanfaatan limbah batubara sebagai bahan bangunan.
Rahmaniar, N. S. (2018). Pemanfaatan Limbah Padat Crumb Rubber untuk pembuatan tegel karet menggunakan bahan pengisi dari pasir kuarsa. Jurnal Dinamika Penelitian Indutsri, 128 - 136.
Saputri, Y. W. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Serbuk Karet Ban Terhadap Kuat Tekan Paving Block. Balikpapan.
Zulmahdi, D. (2012). Pemanfaatan Blotong Untuk Bahan Baku Pembuatan Paving Block . Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurusan Teknik Sipil.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Destania, H. R. ., & Syarifudin, A. . (2021). Pelatihan Pembuatan Conblock dari Sisa Limbah Karet sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat . Jurnal Abdimas Mahakam, 5(02), 205–214. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1131

Issue

Section

Articles