Pendampingan Perencanaan Saluran Limbah dan Pembuatan Septic Tank Toilet Umum Desa Duren Ijo Kecamatan Banyuasin 1

Authors

  • Henggar Risa Destania Universitas Indo Global Mandiri
  • Debby Sinta Devi Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2295

Keywords:

septic tank, saluran limbah, desa duren ijo

Abstract

Desa Duren Ijo merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Banyuasin I tepatnya terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Desa Duren Ijo memiliki luas wilayah ± 11.832,99 km².

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan septic tank untuk toilet umum merupakan bagian dari upaya perlindungan serta pelestarian sumber air dan lingkungan berupa sarana sanitasi yang biasanya digunakan beberapa keluarga pada pemukiman dengan kepadatan penduduk tinggi. Keberadaan toilet umum sangat dibutuhkan khusus nya bagi warga Desa Duren Ijo yang memiliki sekitar 100 Kepala Keluarga.

Adapun permasalahan di Desa Duren Ijo tersebut yaitu masih rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam upaya pembuangan air limbah domestik secara higienis, terdapat sebagian selokan/sanitasi lingkungan belum memadai dan bahayanya limbah rumah tangga dalam kurun waktu lama apabila tidak di kelola dengan baik.

Toilet umum adalah sebuah ruangan atau bangunan kecil dengan toilet (atau urinoir) yang tak masuk tempat tinggal tertentu. Selain itu, toilet tersebut tersedia untuk dipakai oleh masyarakat umum, pelanggan, penjelajah, karyawan dari sebuah usaha, murid sekolah. Oleh karena itu pembangunan septic tank berfungsi mendukung fasilitas toilet umum di Desa Duren Ijo, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Sehingga diharapkan setelah adanya pembangunan septic tank untuk toilet umum di Desa tersebut akan memberi dampak yang baik bagi kesehatan warga desa.

References

Saparina, T., & Ali, L. (2021). Pembuatan Septic Tank Komunal Solusi Kesehatan Bagi Masyarakat Pesisir Desa Bokori Kecamatan Soropia: Making Communal Septic Tanks, Health Solutions for Coastal Communities, Bokori Village, Soropia District. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 2(1), 33–39.

Kementerian Kesehatan. (2016). Pedoman Umum Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Kementerian Kesehatan RI.

Bappenas RI. (2013). Kebijakan Nasional Penyehatan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat. Bappenas

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Henggar Risa Destania, & Devi, D. S. (2023). Pendampingan Perencanaan Saluran Limbah dan Pembuatan Septic Tank Toilet Umum Desa Duren Ijo Kecamatan Banyuasin 1. Jurnal Abdimas Mahakam, 7(02), 155–162. https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2295

Issue

Section

Articles