Pengenalan Sistem Management Pembelajaran (LMS) bagi Guru SMA/SMK sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Raflen Aril Gerungan Universitas Terbuka
  • Muhammad Husni Arifin Universitas Terbuka
  • Kartono Kartono Universitas Terbuka
  • Windra Irawan Universitas Terbuka
  • Yasir Pidu Universitas Terbuka
  • Nur Asiah Universitas Terbuka

Keywords:

pkm, lms, guru-guru, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru – guru mengenai cara mengelola pembelajaran daring dengan memanfaatkan learning management system (LMS) berbasis moodle sebagai penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kegiatan pelatihan diberikan kepada guru – guru SMA/SMK di Gorontalo sebanyak 92 orang yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan simulasi pemanfaatan LMS. Kesimpulan pada PkM ini adalah guru sebagai peserta kegiatan dapat mengenal secara daring penggunaan dan cara mengembangkan kelas pada learning management system (LMS) berbasis moodle sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman untuk dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran jarak jauh.

References

Alias, N., & Zainuddin, A. (2005). Innovation for better teaching and learning: Adopting the learning management system. Malaysian Online Journal of Instructional Technology, 2(2), 27–40.
Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three Generations of Distance Education Pedagogy. International Review of Research in Open and Distance Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890
Ellis, R. K. (2009). A Field Guide to Learning Management System. Retrieved from https://web.archive.org/web/20100331234949/http://www.astd.org/NR/rdonlyres/12ECDB99-3B91-403E-9B15-7E597444645D/23395/LMS_fieldguide_20091.pdf
Keegan, D. (1996). Foundations of Distance Education (3rd ed.). New York: Routledge. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Foundations_of_Distance_Education/BaNlAgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Keegan&printsec=frontcover
Kemdikbud RI. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Leontyeva, I. A. (2018). Modern Distance Learning Technologies in Higher Education : Introduction Problems. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/92284
Mujahidin, I., & Arinda, P. S. (2021). Workshop E-Learning Berbasis Web E-Class Untuk Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Jarak Jauh. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 14–18. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31100/matappa.v4i1.761
Republik Indonesia. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/
Setijadi. (2005). Pedoman Pendidikan Jarak Jauh. (1st, Ed.). Jakarta: Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/5270/1/UTBPPJJ-ALL.pdf
Traxler, J. (2018). Distance learning—Predictions and Possibilities. Education Sciences, 8(1). https://doi.org/10.3390/educsci8010035
Virtič, M. P., Dolenc, K., & Šorgo, A. (2021). Changes in Online Distance Learning Behaviour of University Students during the Coronavirus Disease 2019 Outbreak, and Development of the Model of Forced Distance Online Learning Preferences. European Journal of Educational Research, 10(1), 393–411. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.393
Warsita, B. (2007). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, XI(20), 9–41.
Weaver, D., Spratt, C., & Nair, C. S. (2008). Academic and student use of a learning management system: Implications for quality. Australasian Journal of Educational Technology, 24(1), 30–41. https://doi.org/10.14742/ajet.1228
Widyaningrum, G. L. (2020). WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? Retrieved from https://nationalgeographic.grid.id/read/132059249/who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global-apa-maksudnya

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Gerungan, R. A. ., Arifin, M. H. ., Kartono, K., Irawan, W. ., Pidu, Y. ., & Asiah, N. . (2021). Pengenalan Sistem Management Pembelajaran (LMS) bagi Guru SMA/SMK sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(02), 154–161. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1123

Issue

Section

Articles