Pengenalan Sistem Management Pembelajaran (LMS) bagi Guru SMA/SMK sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh
Keywords:
pkm, lms, guru-guru, pembelajaran jarak jauhAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru – guru mengenai cara mengelola pembelajaran daring dengan memanfaatkan learning management system (LMS) berbasis moodle sebagai penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kegiatan pelatihan diberikan kepada guru – guru SMA/SMK di Gorontalo sebanyak 92 orang yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, dan simulasi pemanfaatan LMS. Kesimpulan pada PkM ini adalah guru sebagai peserta kegiatan dapat mengenal secara daring penggunaan dan cara mengembangkan kelas pada learning management system (LMS) berbasis moodle sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman untuk dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran jarak jauh.
References
Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three Generations of Distance Education Pedagogy. International Review of Research in Open and Distance Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890
Ellis, R. K. (2009). A Field Guide to Learning Management System. Retrieved from https://web.archive.org/web/20100331234949/http://www.astd.org/NR/rdonlyres/12ECDB99-3B91-403E-9B15-7E597444645D/23395/LMS_fieldguide_20091.pdf
Keegan, D. (1996). Foundations of Distance Education (3rd ed.). New York: Routledge. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Foundations_of_Distance_Education/BaNlAgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Keegan&printsec=frontcover
Kemdikbud RI. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Leontyeva, I. A. (2018). Modern Distance Learning Technologies in Higher Education : Introduction Problems. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/92284
Mujahidin, I., & Arinda, P. S. (2021). Workshop E-Learning Berbasis Web E-Class Untuk Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Jarak Jauh. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 14–18. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31100/matappa.v4i1.761
Republik Indonesia. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/
Setijadi. (2005). Pedoman Pendidikan Jarak Jauh. (1st, Ed.). Jakarta: Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/5270/1/UTBPPJJ-ALL.pdf
Traxler, J. (2018). Distance learning—Predictions and Possibilities. Education Sciences, 8(1). https://doi.org/10.3390/educsci8010035
Virtič, M. P., Dolenc, K., & Šorgo, A. (2021). Changes in Online Distance Learning Behaviour of University Students during the Coronavirus Disease 2019 Outbreak, and Development of the Model of Forced Distance Online Learning Preferences. European Journal of Educational Research, 10(1), 393–411. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.393
Warsita, B. (2007). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, XI(20), 9–41.
Weaver, D., Spratt, C., & Nair, C. S. (2008). Academic and student use of a learning management system: Implications for quality. Australasian Journal of Educational Technology, 24(1), 30–41. https://doi.org/10.14742/ajet.1228
Widyaningrum, G. L. (2020). WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? Retrieved from https://nationalgeographic.grid.id/read/132059249/who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global-apa-maksudnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.