Pelatihan Teknik Publikasi Artikel di Jurnal Ilmiah Terakreditasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMA dan Calon Mahasiswa PPG di Kabupaten Muara Enim
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3179Keywords:
artikel ilmiah, jurnal terakreditasi, Pendidikan Profesi Guru (PPG), pubikasiAbstract
Guru memegang peranan penting dalam peradaban manusia, karena ia memiliki tugas mulia dalam membentuk insan cendekia. guru tidak hanya dituntut untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengajar semata, namun juga perlu melaksanakan publikasi karya ilmiah ataupun gagasan inovatif agar dapat menunjang kompetensi professional yang dimiliki. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan para mitra pengabdian/guru telah mampu melaksanakan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dalam upaya memperbaiki dan mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas, namun sayangnya hasil penelitian tersebut hanya ditulis dalam bentuk laporan dan belum disusun dalam artikel ilmiah sehingga tidak terpublikasi dengan baik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan publikasi artikel di jurnal ilmiah terakreditasi kepada mitra yang terdiri dari 27 guru SMA di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan dan 8 diantaranya merupakan calon mahasiswa PPG (Pendidikan Profesi Guru) Dalam Jabatan. Metode pengabdian ini diawali dengan 1) kegiatan pra pelatihan untuk mendesain rencana kegiatan pelatihan; 2) kegiatan pelatihan, meliputi pengenalan situs yang terkait dengan publikasi ilmiah terakreditas, pelatihan tips dan trik memilih jurnal ilmiah dan demonstrasi submit artikel ilmiah di jurnal ilmiah terakreditasi; 3) kegiatan evaluasi untuk melihat peningkatan pemahaman dan kemampuan mitra dalam teknik publikasi. Berdasarkan kegiatan pelatihan yang diberikan terdapat peningkatan pemahaman mitra dalam teknik publikasi ilmiah, hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pretest (47,41) dan posttest (79,26) yang telah diberikan, yakni sebesar 31,85. Selain itu, mitra pengabdian mengakui bahwa setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini mereka mampu untuk memilih jurnal ilmiah terakreditasi yang tepat serta mampu mensubmit artikel pada jurnal tersebut. Dengan peningkatan pemahaman teknik publikasi ini diharapkan hasil publikasi yang telah dilakukan dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, menjadi sumber rujukan dan bermanfaat dalam peningkatan kompetensi dan karir guru.
References
Anwar, R. N. (2021). Pelatihan penggunaan software mendeley untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
Basri, S., Nurochmah, A., & Syamsu, K. (2021). Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(3), 464–474. https://doi.org/10.35965/eco.v21i3.1245
Darsono, T., Aji, M. P., Rusilowati, A., & Marwoto, P. (2021). Identifikasi pemahaman dan kemampuan penulisan artikel ilmiah berbasis PTK guru SMA Kota Pekalongan. Jurnal Panjar : Pengabdian Bidang Pembelajaran, 3(2), 42–46.
Fajriah, N., Sumartono, S., Budiarti, I., & Riza, M. (2019). Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Hasil Penelitian Guru Matematika Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 106. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1790
Haerazi, H., Irawan, L. A., Rahman, A., Jupri, J., & Warta, I. K. (2020). Publikasi Ilmiah untuk Akselerasi Kenaikan Pangkat Guru Bahasa Inggris SMP Negeri Se-Lombok Tengah. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i1.191
Harjanti, F. D., Anam, F., Muharlisiani, L. T., & Kirana, A. (2023). Pelatihan penulisan artikel dan publikasi ilmiah bagi guru-guru peserta pendidikan profesi guru Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. 3(5), 875–882.
Hasan, H., & Rahmani, D. R. (2021). Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru. Publishing Letters, 1(1), 16–19. https://doi.org/10.48078/publetters.v1i1.3
Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256
Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289
Nento, S., & Abdullah, A. H. (2022). Analisis Faktor Penghantar Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 85–95.
Noorjannah, L. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi GUru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Humanity, 10(1), 97–114.
Septafi, G. (2021). Analisis kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar angkatan 2019. ETJ: Educational Technology Journal, 1(2), 1–16.
Sukendra, I. K., Sumandya, I. W., Fridayanthi, P. D., & Surat, I. M. (2021). Pkm. Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasi Ilmiah Guru Di Smak Negeri 3 Sukawati. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v1i2.1210
Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sma Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/jak.v3i1.6243
Syamsuri, S., Asriati, N., H. Matsum, J., Herkulana, H., Achmadi, A., & Khosmas, K. (2022). Implementasi Pengabdian Masyarakat Melalui Klinik Publikasi Ilmiah pada Jurnal Nasional bagi Guru di SMA Negeri 2 Kuala Mandor B Kabupaten Kuburaya. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 553. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.6020
Tokan, M. K., Imakulata, M. M., Bani, M. D. S., Biologi, S. P., Studi, P., & Fisika, P. (2023). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Di Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. KELIMUTU Journal of Commmunity Service (KJCS), 3(1), 53–62.
Warta, W., Arifin, N. R., Aida, D. N., & Saripudin, A. (2024). Sosialisasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan. Abdimas Galuh, 6(1), 582–594.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Fatimah, Riswan Jaenudin, Dewi Koryati, Deskoni, Yuliana FH, Dian Eka Amrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.