Pembelajaran Biologi Berbantuan Media Augmented Reality (AR) pada Model Case Based Learning (CBL)
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3191Keywords:
pembelajaran biologi, media augmented reality, model case based learningAbstract
Media Augmented Reality (AR), merupakan media dengan memanfaatkan teknologi yang mengintegrasikan suatu objek virtual menjadi terlihat lebih nyata melalui perangkat elektronik bantuan. Model case based learning adalah model pembelajaran yang berpijak pada kasus yang merupakan masalah bersifat kompleks berbasis kondisi senyatanya untuk merangsang diskusi kelas dan analisis kolaboratif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kabupaten Bontang, yang dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Mei 2024 dengan jumlah peserta 38 guru IPA. Kegiatan PKM memberikan pemahaman kepada guru IPA dalam membuat media augmented reality pada pembelajaran biologi. Sebelum kegiatan pelatihan sebanyak 79,5% peserta belum mengenal media Augmented Realiti. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan 97,4% peserta memahami penggunaan aplikasi media Augmented Realiti. 100% peserta menyatakan bahwa media Augmented Realiti perlu untuk di gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran biologi. Sebanyak 63% peserta belum mengetahui model Case Based Learning. Sebanyak 83% peserta setelah mengikuti kegiatan pelatihan sudah dapat menggunakan media Augmented Reality dengan model pembelajaran Case Based Learning pada pembelajaran biologi. Guru-guru juga sudah dapat menggunakan media Augmented Reality dengan model pembelajaran Case Based Learning pada pembelajaran biologi
References
Andini, N.D., Ellis, S., Leny, D.H. (2023). Pengaruh Model Case-Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik SMA Negeri 03 Tambun Selatan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol. 7 No. 1, pp. 89.
Blázquez, B.O., Alejandra, A.L., Santiago. G.S., José, G.P., Diana, V.E., Rosa, M.B., Rachel, H., dan Ana, P.E. (2022). Comparing the Use of Flipped Classroom with Problem-Based Learning with Flipped Classroom with Case-Based Learning for Improving Academic Performance and Satisfaction. Active Learning in Higher Education. Vol. 24 No.3, pp. 3.
Cahyana, U., Jack, R.L., Ika, L., & Irwanto. (2023). Improving Students’ Literacy and Numeracy Using Mobile Game-Based Learning with Augmented Reality in Chemistry and Biology. International Journal of Interactive Mobile Technologies. Vol. 17 No.16, pp. 5.
Chen, Y.C. (2019). Effect of Mobile Augmented Reality on Learning Performance, Motivation, and Math Anxiety in a Math Course. Journal of Educational Computing Research. Vol. 57 No. 5, pp. 6.
Dhar, P., Tetyana, R., Rasika, M.S., Garth, S., & Craig, S. (2021). Augmented Reality in Medical Education: Students’ Experiences and Learning Outcomes. Medical Education Online. Vol. 26, No. 1, pp. 3.
Fa’izah, L., dan Fitria, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learnıng (CBL) terhadap Kemampuan Lıterası Saıns IPA Sıswa Kelas V. Jurnal Elementaria Edukasia. Vol. 6 No.3, pp. 1314.
Hidayati, F., dan Evy, W. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kasus (Case Based Learning) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Mahasiswa. Biodik Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 9 No. 2, pp. 188-189.
Kaur, G., Jagdeep, R., Karamdeep, S.K., Jaspreet, S., Vidushi, S., Prithpal, S.M., dan Harmandeep, G. (2020). Case-Based Learning as an Effective Tool in Teaching Pharmacology to Undergraduate Medical Students in a Large Group Setting. Journal of Medical Education and Curricular Development. Vol. 7, No. 1, pp.1.
Kemdikbudristek, (2023). Panduan Implementasi Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa. Jakarta: Kemdikbud Ristek RI: 15
Marmoah, S., dan Jenny, I.S.P. (2022). Manajemen Pembelajaran Berbasis Studi Kasus (Case Method). Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 36 No. 1, pp. 89.
Mulyani,L., Herliani, Maasawet.E.T., dan Purwati,S., 2024. The Effect of Case-Based Learning Model With Augmented Reality Media on Learning Outcomes and Students' Creative Thinking Skills. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 8, No. 2, pp. 221-231.
Oktaviani, P., Rizal, T., Yosua, A.T., dan Dewi, I. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-6. Vol. 6 No. 1, pp. 589-590.
Parung.Y., Herliani, Maasawet.E.T., dan Rambitan V.M.M.. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning Berbantuan Augmented Reality terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, Volume. 8. No. 2, pp. 284-291
Runtuwene, M.R.J., Saroyo., Stanly, O.B.L., Johny, P.L., Greis, M.S., Jessy, D.L.W., dan Sary, D.E.P. (2021). Workshop Metode Pembelajaran Pemecahan Kasus (Case Method) dan Pembelajaran Kelompok Berbasis Proyek (Team-Based Project) di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Lentera Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2 No. 1, pp. 24.
Salsabila RA, S. 2023. Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7 No. 3. pp. 22164-22167.
Tamam, B., & Nur, Q. (2023). Implementation of Augmented Reality in Biology Learning: Its Effect on Learning Motivation and Retention. Journal of Educational Research and Evaluation. Vol. 7 No. 1, pp. 18-20.
Wardani, P.K., Ojang, C., dan Elindra, Y. (2023). Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Tari Tradisional Melalui Model Pembelajaran Case Based Learning. Jurnal Pendidikan Tari. Vol. 3 No. 2, pp. 38.
Wilsa, A.W., Sutikno., Dyah, R.I., & Jaja. (2023). Bibliometric Analysis: Augmented Reality Research Trends in Indonesia in Biology Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 9 No. 4, pp. 1937.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.