Upaya Meningkatkan Perekonomian Warga Desa melalui Pelatihan Kerajinan Bunga dari Akar Kayu

Authors

  • Mukhsin Patriansah Universitas Indo Global Mandiri
  • Yosef Yulius Universitas Indo Global Mandiri

Keywords:

kerajinan; akar kayu; industri kreatif; desa seleman

Abstract

Di era globalisasi sekarang usaha kerajinan merupakan salah satu alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan sebagai upaya meningkatkan perekonomian warga dan merupakan salah satu produk budaya yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa. Kerajinan merupakan kegiatan kreatif dalam mengolah produk atau barang yang menggunakan bahan utama yang disediakan oleh alam seperti kayu, rotan, bambu, akar kayu, daun, kerang, dan lain sebagainya. Pada umumnya kerajinan dilakukan oleh tangan yang memiliki fungsi estetis dan memiliki nilai jual, sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga setempat dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Tujuan utama dari pelatihan ini merupakan stimulus bagi masyarakat setempat untuk melatih dan mengembangkan keterampilan mereka, sehingga mampu mengolah sumber daya alam yang ada salah satunya adalah akar kayu. Produk kerajinan yang dihasilkan dari program ini cukup memuaskan, hal ini ditandai dari berbagai jenis produk yang telah dibuat sudah layak di pasarkan dan dipamerkan kehadapan publik.

References

Hasan Shadly. (1990) Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jakarta : PT. Cipta Adi Pustaka.
Kotler, Phillip and Kevin Lane. Keller, 2012, Marketing Management. Fourteenth Edition. New Jersey : Pearson International Edition.
Mubarat, H., & Patriansyah, M. (2020). Pelatihan Kerajinan Bambu di Desa Keluru Kabupaten Kerinci menuju Industri Kreatif. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(02), 217-226.
Nofrial, N. (2014). Ukiran Akar Kayu Pulau Betung Jambi Menuju Industri Kreatif. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 16(1), 65-85.
Pramutoko, B., & Astuti, I. Y. (2017). IbM KELOMPOK KERAJINAN BAMBU DI DESA PEHKULON KECAMATAN PAPAR KEDIRI. Jurnal Dedikasi, 14, 12-20.
Zid, Muhammad., & Ahmad Tarmiji Alkhudri. (2016). Sosiologi Pedesaan dan Perkembangan Kajian Pedesaan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Patriansah, M. ., & Yulius, Y. . (2021). Upaya Meningkatkan Perekonomian Warga Desa melalui Pelatihan Kerajinan Bunga dari Akar Kayu. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 58–66. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1107

Issue

Section

Articles