Pemberdayaan UMKM Keripik Tempe Syahira melalui Identitas Visual Logo dan Kemasan untuk Meningkatkan Produksi dan Pemasaran

Authors

  • Mukhsin Patriansah Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Agustina Heryati Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Imelda Saluza Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3107

Keywords:

UMKM, Keripik Tempe, Identitas Visual, Pemasaran.

Abstract

Pemberdayaan masyarakat dalam dunia Usaha, Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini sangat penting untuk dilakukan, dengan tujuan memberdayakan, mengembangkan dan sekaligus meningkatkan perekonomian warga dalam menghadapi perubahan dunia bisnis yang begitu kompleks dan dinamis, hal ini menjadi suatu peluang, sekaligus ancaman dan tantangan bagi para pelaku usaha. Terdapat dua masalah utama yang dihadapi mitra, pertama usaha keripik tempe Syahira masih diproduksi secara manual dan tradisional, sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan pasar yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Kedua, tidak adanya identitas logo dan kemasan yang merupakan faktor penting dalam strategi pemasaran. Solusi yang ditawarkan dari masalah tersebut adalah memberdayakan UMKM keripik tempe Syahira pada skema Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini berfokus pada aspek produksi dan pemasaran melalui identitas visual logo dan kemasan. Target dan capaian dapat dilihat dari kualitas dan kuantitas produksi keripik tempe. Kemudian, target dan capaian dari segi identitas visual logo dan kemasan yang dibuat juga memiliki dampak dan pengaruh yang kuat dalam hal promosi dan pemasaran produk.  Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa menjadi bekal dan pengetahuan bagi pelaku usaha untuk mengembangkan dan meningkatkan pemasaran produk yang lebih luas.

References

Afianti, C. M., & Suhartono, E. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Home Industri Aneka Camilan UD. Sumer Rizki Di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro. JEMeS:Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 3(1), 51–57. https://doi.org/https://doi.org/10.56071/jemes.v3i1.287

Azizah, N., Viatra, A. W., & Patriansah, M. (2024). Packaging Sebagai Media Komunikasi Visual Branding Kerajinan Purun Pedamaran Kepada Generasi Z Di Kota Palembang. Besaung : Jurnal Seni , Desain Dan Budaya, 9(01), 73–90. https://doi.org/https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i1.3724

Deoranto, P., & Astuti, R. (2019). Pkm Kelompok Usaha Keripik Tempe Di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Dan Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Teknologi Pangan: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 10(1), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.35891/tp.v10i1.1434

Felisiani, E. T. (2024). 28 Siswa SD di Sukabumi Keracunan Makanan Ringan Jamur Pedas Manis, Muntah saat Upacara Bendera. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/regional/2024/02/27/28-siswa-sd-di-sukabumi-keracunan-makanan-ringan-jamur-pedas-manis-muntah-saat-upacara-bendera

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 6(1), 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/society.v6i1

Makarim, dr. F. R. (2022). Camilan. Https://Www.Halodoc.Com/. https://www.halodoc.com/kesehatan/camilan

Nurqamarani, A., Juliana, A., Isfarin, N. N., Isfarin, N. N., Kuncoro, S., & Juniadi, D. (2022). Pembinaan UMKM Penyedia Bahan Baku Herbal Bogor dalam Peningkatan Aspek Legalitas dan Produktivitas Ekonomi. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(02), 126–134. https://doi.org/10.24903/jam.v6i02.1434

Patriansah, M., & Ramadhon, N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Kerajinan Batok Kelapa Di Desa Berlian Makmur Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 8(November), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.34128/mediteg.v8i2.192

Patriansah, M., Sapitri, R., & Aravik, H. (2022). Pelatihan Industri Kerajinan Batok Kelapa Di Desa Gajah Mati Kecamatan Babat Sumpat Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 82–96. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/linov.v7i2.651

Rizky, I., Kusuma, W., & Nugraha, S. (2020). Pemberdayaan Kelompok Kerajinan Batok Kelapa melalui Pengembangan Produk Berbasis Limbah Kelapa. JURNAL PARADHARMA, 4(2), 77–86. http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/para_dharma/article/view/1368

Triwibowo, F. D., Nuswantoro, U. D., Asmarani, R., & Nuswantoro, U. D. (2024). Pelatihan Optimasi Promosi UMKM melalui Pelatihan Literasi ’ Product Labelling ’ di Desa Slatri Larangan Brebes. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(02), 372–378. https://doi.org/https://doi.org/10.24903/jam.v8i02

Wolok, T., Sulila, I., & Dungga, W. A. (2020). Implementasi PPDM Desa Iluta Pesisir Danau Limboto Melalui Manajemen Keuangan dan Standarisasi Ragam Produk Eceng Gondok sebagai Produk Unggulan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 240–247. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.5625

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Patriansah, M., Heryati , A., & Saluza, I. (2025). Pemberdayaan UMKM Keripik Tempe Syahira melalui Identitas Visual Logo dan Kemasan untuk Meningkatkan Produksi dan Pemasaran. Jurnal Abdimas Mahakam, 9(01), 93–108. https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3107

Issue

Section

Articles