Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Skincare M.S Glow di Samarinda

Authors

  • Fatima Tuyahra Tuyahra Universitas
  • Novel Reonald Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Mardiono Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, kepuasaan konsumen

Abstract

citra merek terhadap kepuasan konsumen pada skincare M.S Glow di Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 119 responden. Teknik pengumpulan sampel data yaitu dengan kuesioner. Untuk metode analisis  dan uji hipotesis yaitu menggunakan  uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (, serta diuji dengan menggunakan uji f (simultan) dan uji t (parsial). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil dari penyebaran kuesioner serta menggunakan alat analisis statistik dengan bantuan program computer SPSS 25.

Hasil dari penelitian ini bahwa variabel Kualitas Produk (X1), Harga (X2), dan Citra Merek (X3) secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Kemudian Uji F diperoleh hasil 80.699 > 2,68 artinya variabel Kualitas Produk (X1), Harga (X2), dan Citra Merek (X3) memiliki pengaruh simultan atau bersama-sama terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y). Kemudian diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,820 (82,0%) yang artinya 4 variabel pada penelitian ini yaitu Kualitas Produk (X1), Harga (X2), dan Citra Merek (X3) memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap Kepuasan Konsumen (Y).

References

Amir, Muhammad; 2018; Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer pada PT. Genius Alva Makasar, AKMEN Jurnal Ilmiah.

Derang, Martha; 2020; Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Pada Produk Kosmetik Wardah Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Batam, Jurnal Syntax Admiration, Volume 1, No 4.

Istanti, Meilina; 2022; Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Rasyid Anwari, Irfan; 2018; Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kangen Water (Studi Pada CV Kangen Tirta Jaya Abadi di Bandar Lampung).

Rudini, Ahmad dan Azmi, Rizal; 2023; Metodelogi Penelitian, Penerbit IKAPI, Kepanjen.

Setyawati, Amelia, dan Rahma, Adelia; 2022; Manajemen Pemasaran di Era Bisnis yang Serba Cepat, Penerbit Media Nusa Creative, Malang.

Sudaryo, Yoyo, dkk; 2019; Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sugiyono; 2018; Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono; 2019; Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Supriyadi, Edi; 2021; Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Statistical Process Control (SPC), Penerbit Pascal Books. Tangerang Selatan.

Kutipan dan Referensi

Kutipan dan referensi menggunakan standar APA (American Psychological Association) Style

Amir, Muhammad; 2018; Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer pada PT. Genius Alva Makasar, AKMEN Jurnal Ilmiah.

Derang, Martha; 2020; Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Pada Produk Kosmetik Wardah Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Batam, Jurnal Syntax Admiration, Volume 1, No 4.

Istanti, Meilina; 2022; Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Rasyid Anwari, Irfan; 2018; Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kangen Water (Studi Pada CV Kangen Tirta Jaya Abadi di Bandar Lampung).

Rudini, Ahmad dan Azmi, Rizal; 2023; Metodelogi Penelitian, Penerbit IKAPI, Kepanjen.

Setyawati, Amelia, dan Rahma, Adelia; 2022; Manajemen Pemasaran di Era Bisnis yang Serba Cepat, Penerbit Media Nusa Creative, Malang.

Sudaryo, Yoyo, dkk; 2019; Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sugiyono; 2018; Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono; 2019; Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Supriyadi, Edi; 2021; Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Statistical Process Control (SPC), Penerbit Pascal Books. Tangerang Selatan.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Tuyahra, F. T., Reonald, N., & Mardiono. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Skincare M.S Glow di Samarinda. OBOR: Oikonomia Borneo, 6(2), 122–141. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/oikonomia/article/view/3154

Issue

Section

Articles