IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SEKITAR PERKEBUNAN SAWIT
DOI:
https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1243Keywords:
Implementasi,CSR,PendapatanAbstract
Suatu Perusahaan bukan sekedar sebagai entitas yang mempunyai kepetingan pribadi pada sebuah bisnis dari masyarakat tetapi dalam berbisnis harus melakukan penyesuaian dengan lingkungan pada lokasi berdiri perusahaan tersebut dan dapat mempertanggung jawabkan kondisi keuntungan serta tidak hanya mampu memenuhi kewajiban ekonomis pada penggunanya tetapi juga pada masyarakat sekitarnya baik itu keuntungan, kelestarian lingkungan juga kesejahteraan masyarakatnya. Untuk itu tanggungjawab moral perlu sekali dikembangkan dengan bentuk tanggung jawab socialnya. Pengusul ingin melihat dan mengetahui sejauhmana implementasi program CSR terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitaran perusahaan perkebunan sawit dan mengetahui serta menganalisa apakah program dari CSR sudah tereasliasai sesuai rencana selama periode 201i7-201i9 dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi dengan memakai metode penelitian kualitatif serta menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dengan wawancara pada lokasi penelitian di desa Perian Kabupaten Kutai Kartanegar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR dalam pelaksanaannya yaitu dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan masyarakat, menyalurkannya melalui masyarakat baik perorangan maupun kelompok usaha, dan melakukan monitoring.
References
Ghazali Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismail Solihin. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Jesi Trilia Sovani, Achmad Fauzi Dh, Zainul Arifin, 2016, Pengaruh Penerapan Corporate Social Responbility (CSR) Terhadap Citra Merek, Kepercayaan Merek Dan Loyalitas Merek (Survei Pada Masyarakat Sekitar PT. Tirta Investma, Desa Keboncandi, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan), diakses http://doi.org/10.21776/ub.profit.2016.010.013
Kurniawan. 2013. Analisis Implementasi CSR Pada PT. Newmont Nusa Tenggara Dalam Peningkatan Kesejahteraan Komunitas Lokal, (Skripsi Jurusan Akuntansi, FEB, Universitas Hasanuddin, Makassar. 2013)
M. Faroid, Khalid Murtadhlo, 2014, Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan PT. Tirta Investasi Kebon Candi Pada Masyarakat Desa Jeladri Winongan Pasuruan,diakses dari http://doi.org.10.35891/jsb.v1i1.19
M Iqbal Harori dan Toto Gunarto, 2014. Analisis Implementasi Program CSR PTPN 7 Unit Usaha Beringin Terhadap Kesejahteraan Masyarakat, (JEP-Vol. 3, No.2. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Lampung, 2014)
Undang-undang Republik Indonesia tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) No. 20 tahun 2008, tambahan lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4866
Undang-undang tentang penenaman modal, Undang-undang nomor 25 tahun 2007, lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2007 nomor 67, tambahan lembaran Negara Republik Indonesia nomor 4724
Undang-undang tentang perseroan terbatas, undang-undang nomor 40 tahun 2007, lembaran Negara Republik Indonseia tahun 2007 nomor 106, tambahan lembaran Negara Republik Indonesia nomor 4756
Peraturan Menteri BUMN Republik Indonesia Nomor PER-05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang Program Kemitraan badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan program Bina Lingkungan (PKBL)