Peningkatan Literasi Referensi Akademik melalui Pelatihan Aplikasi Reference Manager bagi Mahasiswa Semester Akhir

Authors

  • Ariyanti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3551

Keywords:

reference manager, tugas akhir, kualitas penulisan, mahasiswa, perguruan tinggi

Abstract

Penulisan tugas akhir merupakan salah satu kewajiban akademik mahasiswa semester akhir yang menuntut kemampuan literasi informasi dan pengelolaan referensi yang baik. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengelola referensi dan menyusun daftar pustaka sesuai dengan standar penulisan ilmiah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan reference manager kepada mahasiswa semester akhir guna meningkatkan keterampilan pengelolaan referensi dalam penulisan tugas akhir atau skripsi. Program pelatihan dilaksanakan di perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur dengan melibatkan 45 mahasiswa semester akhir dari berbagai program studi. Metode yang digunakan adalah pelatihan berbasis praktik dengan pendekatan hands-on learning menggunakan aplikasi Mendeley, Zotero, dan EndNote. Kegiatan meliputi sosialisasi, workshop pelatihan, dan pendampingan teknis. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta, dengan 89% peserta berhasil menguasai penggunaan reference manager dan mampu mengaplikasikannya dalam penulisan tugas akhir. Program pelatihan ini memberikan manfaat praktis bagi mahasiswa dalam mengelola referensi secara efisien dan direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan di perguruan tinggi.

References

Arifin, M. Z., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi reference manager dalam meningkatkan produktivitas penulisan karya ilmiah. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 134–141. https://doi.org/10.26740/jpti.v8n2.p134-141

Dewi, R. P., & Santoso, B. (2023). Pengaruh penggunaan Zotero terhadap kepercayaan diri dan kerapian penulisan ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 11(1), 55–67. https://doi.org/10.23887/jpbs.v11i1.45678

Djamaris, E. (2017). Teknik penulisan karya ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hasanah, U., & Lubis, R. (2020). Reference manager sebagai solusi penulisan akademik yang terhindar dari plagiarisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 22–29. https://doi.org/10.21009/jipp.141.04

Journal Publicuho. (2023). Pengaruh penggunaan Mendeley terhadap kualitas penulisan skripsi mahasiswa administrasi publik. Jurnal Administrasi Publik, 9(1), 22–31. https://doi.org/10.36765/jap.v9i1.234

Kurniawan, D., Ayu, F. N., & Nugroho, A. (2022). Digital literacy integration in academic writing: The role of reference manager software. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 6(2), 101–112. https://doi.org/10.30743/jtpi.v6i2.6122

Prasetya, R., & Rahmawati, L. (2021). Peningkatan keterampilan literasi akademik melalui pelatihan penggunaan Mendeley bagi mahasiswa akhir. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 88–97. https://doi.org/10.17977/um047v27i2p88-97

Suryani, N., & Fitriani, A. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa dalam penulisan daftar pustaka dan sitasi: Studi kasus pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 114–123. https://doi.org/10.21009/JPBSI.102.10

Wulandari, R., Pramudita, T., & Santosa, H. (2020). Reference manager sebagai solusi pengelolaan bibliografi dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 45–54. https://doi.org/10.23887/jitp.v13i1.28765

Downloads

Published

2025-07-24

How to Cite

Ariyanti. (2025). Peningkatan Literasi Referensi Akademik melalui Pelatihan Aplikasi Reference Manager bagi Mahasiswa Semester Akhir . Jurnal Abdimas Mahakam, 9(02), 267–280. https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3551

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.