Peningkatan Literasi Referensi Akademik melalui Pelatihan Aplikasi Reference Manager bagi Mahasiswa Semester Akhir
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3551Keywords:
reference manager, tugas akhir, kualitas penulisan, mahasiswa, perguruan tinggiAbstract
Penulisan tugas akhir merupakan salah satu kewajiban akademik mahasiswa semester akhir yang menuntut kemampuan literasi informasi dan pengelolaan referensi yang baik. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengelola referensi dan menyusun daftar pustaka sesuai dengan standar penulisan ilmiah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan reference manager kepada mahasiswa semester akhir guna meningkatkan keterampilan pengelolaan referensi dalam penulisan tugas akhir atau skripsi. Program pelatihan dilaksanakan di perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur dengan melibatkan 45 mahasiswa semester akhir dari berbagai program studi. Metode yang digunakan adalah pelatihan berbasis praktik dengan pendekatan hands-on learning menggunakan aplikasi Mendeley, Zotero, dan EndNote. Kegiatan meliputi sosialisasi, workshop pelatihan, dan pendampingan teknis. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta, dengan 89% peserta berhasil menguasai penggunaan reference manager dan mampu mengaplikasikannya dalam penulisan tugas akhir. Program pelatihan ini memberikan manfaat praktis bagi mahasiswa dalam mengelola referensi secara efisien dan direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan di perguruan tinggi.
References
Arifin, M. Z., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi reference manager dalam meningkatkan produktivitas penulisan karya ilmiah. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 134–141. https://doi.org/10.26740/jpti.v8n2.p134-141
Dewi, R. P., & Santoso, B. (2023). Pengaruh penggunaan Zotero terhadap kepercayaan diri dan kerapian penulisan ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 11(1), 55–67. https://doi.org/10.23887/jpbs.v11i1.45678
Djamaris, E. (2017). Teknik penulisan karya ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hasanah, U., & Lubis, R. (2020). Reference manager sebagai solusi penulisan akademik yang terhindar dari plagiarisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 22–29. https://doi.org/10.21009/jipp.141.04
Journal Publicuho. (2023). Pengaruh penggunaan Mendeley terhadap kualitas penulisan skripsi mahasiswa administrasi publik. Jurnal Administrasi Publik, 9(1), 22–31. https://doi.org/10.36765/jap.v9i1.234
Kurniawan, D., Ayu, F. N., & Nugroho, A. (2022). Digital literacy integration in academic writing: The role of reference manager software. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 6(2), 101–112. https://doi.org/10.30743/jtpi.v6i2.6122
Prasetya, R., & Rahmawati, L. (2021). Peningkatan keterampilan literasi akademik melalui pelatihan penggunaan Mendeley bagi mahasiswa akhir. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 88–97. https://doi.org/10.17977/um047v27i2p88-97
Suryani, N., & Fitriani, A. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa dalam penulisan daftar pustaka dan sitasi: Studi kasus pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 114–123. https://doi.org/10.21009/JPBSI.102.10
Wulandari, R., Pramudita, T., & Santosa, H. (2020). Reference manager sebagai solusi pengelolaan bibliografi dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 45–54. https://doi.org/10.23887/jitp.v13i1.28765
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ariyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



