Pendampingan Keterampilan Guru SMK melalui Pelatihan Computer Aided Design untuk Meningkatkan Kemampuan Aspek Soft Skill

Authors

  • Reni Haerani Politeknik PGRI Banten
  • R Dewi Mutia Farida Politeknik PGRI Banten
  • Djoko Subali Politeknik PGRI Banten

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3205

Keywords:

AutoCAD, Computer Aided Design, Guru SMK, Softskill

Abstract

Dalam industri, proses desain sebuah produk tidak lagi menggunakan cara tradisional, melainkan alat komputer melalui perangkat lunak desain dan optimasi yang biasa disebut dengan Computer Aided Design (CAD). Namun, ditengah tantangan persaingan global, masih banyak guru di SMK swasta yang belum menguasai keterampilan teknologi informasi dan komputer di bidang desain dan analisis, khususnya di wilayah kota Cilegon. Pengembangan keterampilan guru di SMK Swasta Kota Cilegon sangat penting untuk menjawab tantangan  industri yang semakin kompleks. Dukungan pelatihan CAD bertujuan untuk meningkatkan aspek teknis dan soft skill yang penting dalam pendidikan. Pengabdian ini akan mengkaji efektivitas program pelatihan CAD dalam meningkatkan kinerja guru, baik dari segi keterampilan teknis maupun pengembangan soft skill seperti komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Metodologi yang digunakan terdiri dari teori, praktik, dan diskusi untuk melatih peserta agar segera mempraktekan konten yang telah disampaikan. Pelatihan ini memberikan pengenalan dasar-dasar CAD dan menggambar objek 2D dan 3D menggunakan software AutoCAD. Program pendampingan ini terlaksana dengan sangat baik dan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disiapkan, serta mendapat respon yang sangat positif, peserta berpartisipasi aktif tanpa meninggalkan tempat sebelum berakhirnya pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pendampingan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis guru dalam menggunakan perangkat lunak CAD, namun juga memperkuat soft skill mereka, yang pada akhirnya berdampak positif pada kualitas pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, program pendampingan ini diharapkan dapat menjadi model yang efektif bagi pengembangan profesional guru SMK di era digital.

 

Kata Kunci: AutoCAD, Computer Aided Design, Guru SMK, Softskill

References

Afnison, W., & Alwi, E. (2019). Program Pelatihan CAD “SOLIDWORKS” Bagi Guru SMK N 2 Payakumbuh Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi dan Daya Saing SMK Daerah di Tingkat Nasional. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 10. https://doi.org/10.24036/sb.0380

Aprianus Telaumbanua, A. T. (2024). Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suluh Pendidikan (JSP), 12(2).

Arafat, M. Y., Salim, S., Larosa, E., & Pramudibyo, S. (2024). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Autoplay Studio Bagi Guru Matematika Di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Pengabdian Teknik Industri, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.37905/jpti.v3i1.26144

Haerani, R., Rosdiana, R., Ansor, A. S., Hadiyana, R. W., Asrori, K., Farida, R. D. M., & Irianto, J. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Santri Darul Falah Serang, Banten. Minda Baharu, 6(2), 154–162. https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4557

Haris, A., Sentaya, I. M., & Ismail, N. (2020). Pentingnya Inovasi Vocational Education and Training (VET) dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Mengembangkan Soft-Skill Kewirausahaan. Seminar Nasional IPPeMas 2020, 2(1), 32–42.

Husin, J. A., Arifin, M., Liza, R., Ritonga, D. A. A., Sarjana, S., & Yulfitra, Y. (2024). Pelatihan dan Pengenalan Teknologi Additive Manufacture 3D Printing pada Proses Pencetakan Modeling Menggunakan Software CAD (Computer Aided Design). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 29–35.

Johar, S. S. (2018). Emotional intelligence in soft skills: First-class human domain generating. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 1–5. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.28.22380

Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008

Nurcahyo, Y. E., Wahyudi, P. L., Dewantoro, T., & Toni, Y. F. (2024). View of Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK N 1 Tambakboyo Tuban Melalui Program Pelatihan CAD. 5(1), 55–62.

Rianti, R., & Setiawan, A. (2024). Inovasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0. Samarinda International Journal of Islamic Studies, 1(1), 45–65. https://doi.org/10.21093/sijis.v1i1.xxxx

Saefudin, S., Afif, I. Y., Raharjo, S., & Nugroho, H. A. (2024). Peningkatan Keterampilan Menggambar Teknik menggunakan Software CAD untuk siswa SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 6(2), 91–97. https://doi.org/10.24853/jpmt.6.2.91-97

Sari, D. P., Syofii, I., Hermawan, R., Yadi, F., Santosa, M. A., Wadirin, W., Adanta, D., & Meldianto, E. (2023). Pelatihan Dasar-Dasar Software Autocad Untuk Guru Smk Di Kecamatan Lempuing Kab. Ogan Komering Ilir. Jurnal Pelita Sriwijaya, 2(2), 057–064. https://doi.org/10.51630/jps.v2i2.117

Sholeh, A. N., & Prapanca, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Infografis Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Kelas Xi Multimedia Di Smkn 1 Driyorejo. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 17–25. https://doi.org/10.26740/it-edu.v8i1.50702

Suharyo, S., Widorini, T., & Pamungkas, W. G. (2023). Pelatihan Pengenalan Autocad 2D Bagi Siswa Di SMA Kesatrian 2 Yayasan Pendidikan Kesatrian Semarang. Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 1(2), 46. https://doi.org/10.26623/jpk.v1i2.5983

Wahyudin, U. R., Permana, H., & Nurlailasari, E. (2023). Sosialisasi Model Manajemen Mutu Pendidikan Kejuruan Berorientasi Industri di Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(2), 62–69. https://doi.org/10.54783/ap.v4i2.29

Walangare, R. A. C., & Sujatmiko, B. (2022). Penerapan Algoritma Naive Bayes Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peminatan Konsentrasi Berdasarkan Nilai Akademik Berbasis Web Pada Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(3), 74–83. https://doi.org/10.26740/it-edu.v7i3.50086

Zulkifeli, M. F., Mohd Ishar, M. I., & Abdul Hamid, M. Z. (2022). Elemen Kemahiran Insaniah Pelajar Pendidikan TVET Semasa Menjalani Latihan Praktikal. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(8), e001659. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i8.1659

.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Haerani, R., Farida, R. D. M., & Subali, D. (2025). Pendampingan Keterampilan Guru SMK melalui Pelatihan Computer Aided Design untuk Meningkatkan Kemampuan Aspek Soft Skill. Jurnal Abdimas Mahakam, 9(01), 185–194. https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3205

Issue

Section

Articles