Pengembangan Kepribadian Islami Anak Usia Sekolah Dasar melalui Safari Ramadhan
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2340Keywords:
pesantren kilat, ramadhan, pendidkan karakterAbstract
Saat ini anak-anak menjadi pihak yang tidak luput dari gempuran informasi, padahal anak-anak merupakan usia emas dimana penyerapan informasi dan pengetahuan sedang berada dipuncaknya. Pendidikan karakter islami menjadi hal yang perlu dilakukan sejak dini untuk dapat membentuk masyarakat yang berakhlak islami dan mencegah prilaku buruk yang mungkin timbul dari informasi yang salah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter adalah dengan memberikan teladan yang baik sebagai contoh. Tentu saja teladan yang baik bukan hanya dari perilaku kita, namun juga bisa dari kisah-kisah Nabi dan Rasul. Pengabdian ini dilakukan dengan menceritakan kisah-kisah pada nabi dan Rasul dengan kemudian dilakukan mini games sebagai salah satu cara untuk melihat sejauh mana anak-anak memahami dan nilai apa yang dapat diambil dari kisah para Nabi dan Rasul ini. Jumlah peserta dalam kegiatan ini ada 17 anak dengan lama kegiatan adalah dua hari. Dari 17 anak yang menjadi peserta, sebanyak sembilan anak mampu menjelaskan apa saja nilai-nilai dalam kisah nabi dan Rasul yang diceritakan. Sedangkan enam anak hanya mampu menyebutkan setidaknya satu nilai baik dalam kisah yang diberikan
References
Aulia, E. R., & Dewi, D. A. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SD SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI PKN. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 43-53.
Hamidah, A. D. (2022). Aktivitas Smatren Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edumaspul, Jurnal Pendidikan.
Omeri, N. (2015). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Manajer Pendidikan, 464-468.
Wulandari, Y. (2017). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN ORANG TUA. Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Fariz Ijlal Rafi, Abdul Rahim, Hamada Zein, Muhammad Taufiq Sumadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.