Pengembangan Kepribadian Islami Anak Usia Sekolah Dasar melalui Safari Ramadhan

Authors

  • Muhammad Fariz Ijlal Rafi Universitas Muhammadiyah Kalimantan TImur
  • Abdul Rahim Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Hamada Zein Universitas Muhammadiyah Kalimantan TImur
  • Muhammad Taufiq Sumadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan TImur

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2340

Keywords:

pesantren kilat, ramadhan, pendidkan karakter

Abstract

Saat ini anak-anak menjadi pihak yang tidak luput dari gempuran informasi, padahal anak-anak merupakan usia emas dimana penyerapan informasi dan pengetahuan sedang berada dipuncaknya. Pendidikan karakter islami menjadi hal yang perlu dilakukan sejak dini untuk dapat membentuk masyarakat yang berakhlak islami dan mencegah prilaku buruk yang mungkin timbul dari informasi yang salah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter adalah dengan memberikan teladan yang baik sebagai contoh. Tentu saja teladan yang baik bukan hanya dari perilaku kita, namun juga bisa dari kisah-kisah Nabi dan Rasul. Pengabdian ini dilakukan dengan menceritakan kisah-kisah pada nabi dan Rasul dengan kemudian dilakukan mini games sebagai salah satu cara untuk melihat sejauh mana anak-anak memahami dan nilai apa yang dapat diambil dari kisah para Nabi dan Rasul ini. Jumlah peserta dalam kegiatan ini ada 17 anak dengan lama kegiatan adalah dua hari. Dari 17 anak yang menjadi peserta, sebanyak sembilan anak mampu menjelaskan apa saja nilai-nilai dalam kisah nabi dan Rasul yang diceritakan. Sedangkan enam anak hanya mampu menyebutkan setidaknya satu nilai baik dalam kisah yang diberikan

References

Aulia, E. R., & Dewi, D. A. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SD SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI PKN. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 43-53.

Hamidah, A. D. (2022). Aktivitas Smatren Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edumaspul, Jurnal Pendidikan.

Omeri, N. (2015). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Manajer Pendidikan, 464-468.

Wulandari, Y. (2017). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN ORANG TUA. Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Rafi, M. F. I., Rahim, A., Zein, H., & Sumadi, M. T. (2023). Pengembangan Kepribadian Islami Anak Usia Sekolah Dasar melalui Safari Ramadhan. Jurnal Abdimas Mahakam, 7(02), 233–238. https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2340

Issue

Section

Articles