Storystage: Merajut Karakter Anak melalui Panggung Cerita Interaktif di Sekolah Dasar Negeri 2 Lamangga
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3616Keywords:
Karakter anak, Pembelajaran interaktif, Panggung cerita, Sekolah Dasar, StorystageAbstract
Penanaman nilai-nilai karakter sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkepribadian kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak program Storystage, yaitu media pembelajaran berbasis panggung cerita interaktif yang dikembangkan untuk menumbuhkan karakter positif pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Lamangga. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Storystage mampu menciptakan ruang ekspresi yang menyenangkan dan mendidik, di mana siswa tidak hanya menjadi penonton tetapi juga pelaku aktif dalam alur cerita yang sarat pesan moral. Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan kepedulian sosial tertanam secara natural melalui peran dan interaksi dalam cerita. Program ini juga meningkatkan keterampilan komunikasi, empati, dan kepercayaan diri siswa. Kesimpulannya, Storystage menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dan kreatif dalam merajut karakter anak melalui pendekatan yang kontekstual dan partisipatif
References
Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271
Fitriani, N., Nurhayati, N., & Yusuf, H. (2021). Membangun Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Sentra Bermain Peran. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. https://doi.org/10.36709/jrga.v4i2.20015
Hasanah, U. (2019). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan Di Paud Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampang. Islamic EduKids. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1811
Isdaryanto, N. (2015). Modeling wayang kontemporer sebagai pengembang“nation andcharacter” dalam Pendidikan karakter jenjang paud di kecamatan gunungpatikota semarang. Integralistik.
Kollo, N., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3846
Permatasari, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Panggung Cerita Boneka Berbasis Literasi Membaca. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurmin Aminu, Hijrwatil Aswat, Anisa Riskayati, Wa Ode Dian Purnamasari, Kamarudin, Yesa Putri. S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



