Storystage: Merajut Karakter Anak melalui Panggung Cerita Interaktif di Sekolah Dasar Negeri 2 Lamangga

Authors

  • Nurmin Aminu Universitas Muhammadiyah Buton
  • Hijrwatil Aswat Universitas Muhammadiyah Buton
  • Anisa Riskayati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Dian Purnamasari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamarudin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Yesa Putri. S Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3616

Keywords:

Karakter anak, Pembelajaran interaktif, Panggung cerita, Sekolah Dasar, Storystage

Abstract

Penanaman nilai-nilai karakter sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkepribadian kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak program Storystage, yaitu media pembelajaran berbasis panggung cerita interaktif yang dikembangkan untuk menumbuhkan karakter positif pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Lamangga. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Storystage mampu menciptakan ruang ekspresi yang menyenangkan dan mendidik, di mana siswa tidak hanya menjadi penonton tetapi juga pelaku aktif dalam alur cerita yang sarat pesan moral. Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan kepedulian sosial tertanam secara natural melalui peran dan interaksi dalam cerita. Program ini juga meningkatkan keterampilan komunikasi, empati, dan kepercayaan diri siswa. Kesimpulannya, Storystage menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dan kreatif dalam merajut karakter anak melalui pendekatan yang kontekstual dan partisipatif

References

Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271

Fitriani, N., Nurhayati, N., & Yusuf, H. (2021). Membangun Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Sentra Bermain Peran. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. https://doi.org/10.36709/jrga.v4i2.20015

Hasanah, U. (2019). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan Di Paud Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampang. Islamic EduKids. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1811

Isdaryanto, N. (2015). Modeling wayang kontemporer sebagai pengembang“nation andcharacter” dalam Pendidikan karakter jenjang paud di kecamatan gunungpatikota semarang. Integralistik.

Kollo, N., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3846

Permatasari, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Panggung Cerita Boneka Berbasis Literasi Membaca. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2025-07-24

How to Cite

Aminu, N., Aswat, H., Riskayati, A., Purnamasari, W. O. D., Kamarudin, & S, Y. P. (2025). Storystage: Merajut Karakter Anak melalui Panggung Cerita Interaktif di Sekolah Dasar Negeri 2 Lamangga. Jurnal Abdimas Mahakam, 9(02), 445–454. https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3616

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.