Pelatihan Menulis Cerita Pendek untuk Meningkatkan Kreativitas Santri

Authors

  • Lismalinda Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Muhammad Fadli Muslimin Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Benni Andika Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2423

Keywords:

Pelatihan, Literasi, Cerpen, Siswa, Madrasah Aliyah

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 merilis bahwa penduduk Indonesia kisaran usia 15 hingga 24 tahun yang masih buta aksara yaitu sekitar 0,24 persen. Meskipun angka melek aksara mencapai angka 99,76 persen, namun belum sebanding dengan tingkat aktivitas literasi yang ada di Indonesia sekarang. Hasil Penelitian perangkingan literasi melalui Indeks Literasi Nasional oleh Kemendikbud menunjukkan bahwa tidak ada satu pun provinsi yang masuk dalam kelompok aktivitas literasi tinggi. Oleh karena itu, pemerintah terus meningkatkan indeks literasi nasional melalui program Gerakan Literasi Sekolah (GSL). Pondok pesantren Tgk. Chiek Oemar Diyan merupakan salah satu sekolah yang menjalankan GSL, namun karena keterbatasan pembimbing atau penggerak serta terkendala keuangan pada akhirnya program tersebut tidak berjalan dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis ingin merealisasikan keinginan siswa dalam program GSL melalui pelatihan cerpen dengan luaran penerbitan antologi cerita pendek karya santriwan-santriwati pondok pesantren Tgk Chiek Oemar Diyan dan publikasi hasil pengabdian pada jurnal nasional. Adapun tujuan dari pelatihan ini ialah untuk memotivasi siswa agar memiliki kesadaran akan pentingnya baca tulis serta terus bekarya dalam menciptakan karya-karya terbaik guna mendukung program GSL.

References

Alhaddar & Afdal. (2019). Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Sosialiasi Pentingnya Membaca dan Media Keranjang Buku di Kampung Cerdas. Abdimas Mahakam Journal. 3 (2). 109-114.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Indonesia; Statistical Yearbook of Indonesia 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik/BPS-Statistics Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan. (2019). Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. [Online] tersedia pada http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks%20Aktivitas%20Literasi%20Membaca%2034%20Provinsi di unduh pada 27 Maret 2023.

Busri, Hasan dkk. (2023) Pelatihan Menulis Produk Jurnalistik dan Cerpen di Media Massa. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4 (1) 848-852.

Dasor, Mina & Sennen. (2021). Peran Guru dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2 (2), 19-25.

Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar yang Harus Kita Ketahui dan Miliki http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki. di unduh pada 25 Maret 2023.

Jaelani, Hanifah & Suntini. (2022). Pelatihan Menulis Cerpen pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Longkewang, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2 (2). 138-144.

Normuliati & Istiqamah. (2019.) Pelatihan Menulis Cerpen untuk Siswa Madrasah Aliyah Raudhatusyubban. Jurnal PADI – Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia. 2 (1). 1-5.

Sugianto. (2023). Mewujudkan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2(1) 70-75

Utami, Andita. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Teknik 5w+1h dengan Media Video Klip Siswa Kelas x-6 Sma Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Zulfitria, Dkk. (2022). Pelatihan Online Menulis Cerpen dalam Mengisi Waktu Selama Masa Pandemi Covid 19. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (1). 1-6.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Lismalinda, Muslimin, M. F., & Andika, B. (2024). Pelatihan Menulis Cerita Pendek untuk Meningkatkan Kreativitas Santri. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 50–58. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2423

Issue

Section

Articles