Peran Tayangan Adit Sopo Jarwo (ASJ) Terhadap Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar di SDN 023 Sempaja Samarinda

Authors

  • Ratna Khairunnisa Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v1i1.236

Keywords:

Film Animasi Adit Sopo Jarwo, Pendidikan karakter

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan pendidikan karakter pada anak SD melalui tayangan film animasi “Adit Sopo Jarwo”. Beberapa  materi yang diberikan terkait  dengan  upaya penguatan pendidikan karakter anak SD khususnya pada SDN 023 Samarinda. Pentingnya tayangan yang layak ditonton oleh anak SD sehingga dapat menjadi pendamping pembelajaran yang positif dan menyenangkan. Dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui tayangan animasi ini yang menjadi peserta adalah siswa SDN 023 Samarinda. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi. Dalam kegiatan sosialisasi terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi penyajian materi, diskusi dengan siswa dan refleksi. Penyajian materi yakni dengan menayangkan animasi Adit Sopo Jarwo dan menjelaskan pendidikan karakter yang terkandung di dalam tayangan tersebut Adapun metode Pengambilan Data yang dilakukan dalam pengabdian yakni dengan memberikan angket dan wawancara langsung dengan siswa seputar film adit sopo jarwo. Setelah mengikuti sosialisasi ini siswa dapat : (1) mengetahui pendidikan karakter yang ada dalam film animasi Adit Sopo Jarwo (2) mengetahui tayangan mana yang layak dan tidak layak untuk ditonton.

References

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

.

Buchory M. Sukemi. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter di Indonesia dalam Seting Sekolah. Proceeding, Seminar Nasional. Yogyakarta: IKA UNY.

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik.rev.ed. Yogyakarta: UNY Press.

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Dharma Kesuma, dkk. (2011) Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Doni Kesuma A. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.

Furqon Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Lexy J. Moleang. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman.(1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moh. Nazir. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Punaji Setyosari. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta. Prenada Media Group.

Sudarmadi. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Pembentukan Akhlak Mulia Pendidik dan Peserta Didik melalui Program Sekolah. Proceeding, Seminar Nasional. Yogyakarta: IKA UNY.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukandarrumidi. (2002). Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yoggyakarta: GM Univ.

Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2017-12-26

How to Cite

Khairunnisa, R. (2017). Peran Tayangan Adit Sopo Jarwo (ASJ) Terhadap Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar di SDN 023 Sempaja Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.24903/jam.v1i1.236

Issue

Section

Articles