Edukasi Praktik Pengisian SPT PPh 21 dan PPh Badan bagi Siswa SMK di Kota Balikpapan

Authors

  • Hendra Sanjaya Kusno Politeknik Negeri Balikpapan
  • Dahyang Ika Leni Wijayani Politeknik Negeri Balikpapan
  • Aditya Achmad Rakim Politeknik Negeri Balikpapan
  • Patria Rahmawaty Politeknik Negeri Balikpapan

Keywords:

edukasi; perpajakan; spt; pphh 21; smk

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat “Edukasi Praktik Pengisian SPT PPh 21 dan PPh Badan Bagi Siswa SMK di Kota Balikpapan” adalah memberikan pemahaman yang lebih kepada siswa SMKN 3 Balikpapan agar memahami administrasi perpajakan terkait pengisian SPT menggunakan sistem online yang disediakan oleh Direktorat Jendral Pajak. Permasalahan yang dihadapi adalah pengisian SPT pada mata pelajaran administrasi pajak di SMKN 3 dilakukan secara manual dengan SPT paper based, sementara pada tahun – tahun belakang, Direktorat Jendral Pajak sudah mulai menerapkan pengisian SPT Online melalui website djp online. Hal ini yang mendasari edukasi terkait SPT ini penting untuk dilakukan agar mutu lulusan SMKN 3 menjadi lebih baik dan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan edukasi serta pelatihan administrasi perpajakan kepada para siswa SMKN 3 Balikpapan, kompetensi keahlian akuntansi dan lembaga keuangan, sehingga diharapkan akan menambah keahlian siswa di bidang administrasi perpajakan yang berbasis teknologi informasi. Diharapkan akan menjadi bekal ketika lulus dan memasuki dunia kerja. Sejalan dengan peluang kerja yang diharapkan oleh SMKN 3 Balikpapan kepada lulusannya, menjadi akuntansi pajak junior di berbagai instansi. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan oleh tim, dibagi dalam 4 (empat) tahap pelaksanaan, yakni: (1) Tahap Persiapan, (2) Tahap Pelaksanaan, (3) Tahap Monitoring dan Evaluasi, dan (4) Tahap Pembuatan Laporan. Hasil akhir dari penerapan metode tersebut meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMKN 3 Balikpapan tentang Pengisian SPT PPh 21 dan dapat menghasilkan siswa lulusan SMKN 3 Balikpapan cakap dan terampil dalam pengisian SPT melalui online dan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

References

Resmi, Siti. (2017). Perpajakan – Teori dan Kasus. Buku 1. Jakarta. Salemba Empat

Resmi, Siti. (2017). Perpajakan – Teori dan Kasus. Buku 2. Jakarta. Salemba Empat

Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2018. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Perubahan keempat atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Kententuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta.

htpp://smkn3bpp.sch.id/webs Diakses tanggal 2 November 2020.

http://kemenkeu.go.id Diakses tanggal 2 November 2020.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Kusno, H. S., Wijayani, D. I. L. ., Rakim, A. A. ., & Rahmawaty, P. . (2021). Edukasi Praktik Pengisian SPT PPh 21 dan PPh Badan bagi Siswa SMK di Kota Balikpapan. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(01), 42–51. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1105

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)