PENGARUH RASIO CEPAT DAN RASIO LANCAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Astri Yulidar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Nurul Munjannah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v6i2.437

Keywords:

rasio cepat, rasio lancar, harga saham

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio lancar dan rasio cepat terhadap harga saham pada industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan untuk menganalisis kondisi harga saham pada industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2014. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.

Dari hasil penelitian menunjukkan  rasio cepat diketahui bahwa nilai t hitung bernilai positif sebesar 2.804 hasil statistik uji t untuk rasio cepat diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,068 dimana lebih kecil dari toleransi kesalahan alpha = 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rasio cepat berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Rasio lancar diketahui bahwa nilai t hitung bernilai positif sebesar 0,093 hasil statistik uji t untuk rasio cepat diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,926 dimana lebih besar dari toleransi kesalahan alpha = 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rasio lancar berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap harga saham, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan rasio cepat dan rasio lancar berpengaruh positif dan signifikan terhadap saham.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui rasio cepat berpengaruh dominan terhadap harga saham dibandingkan rasio lancar. berdasarkan data yang diteliti yaitu industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 sampai 2014 dimana rata - rata nilai persedian bernilai signifikan terhadap laporan keuangan.

Downloads

Published

2019-02-02

How to Cite

Yulidar, A., & Munjannah, N. (2019). PENGARUH RASIO CEPAT DAN RASIO LANCAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 6(2), 77–84. https://doi.org/10.24903/je.v6i2.437

Issue

Section

Articles