Promosi Kesehatan Melalui Media Film Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Sekolah Dasar Wilayah Pesisir Kepulauan
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v2i2.376Keywords:
Promosi Kesehatan, PHBS, CTPS, FilmAbstract
Masih rendahnya sanitasi lingkungan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di wilayah pesisir kepulauan menyebabkan potensi terjadinya beberapa penyakit, seperti diare, kolera, dan soil transmitted helminthes (STH). Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku PHBS dalam upaya menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan melalui inovasi teknologi media promosi kesehatan yang menarik. Metode partisipatif digunakan untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam pelaksanaan penerapan teknologi Inovasi Teknologi Promosi Kesehatan PHBS. Inovasi teknologi promosi kesehatan, berupa media film PHBS melalui penyediaan sarana tempat cuci tangan percontohan. Kegiatan ini akan dilakukan untuk, oleh, dan dari masyarakat sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian ini melalui musyawarah masyarakat desa untuk menganalisis permasalahan di wilayah mereka, urgensi dan prioritas masalah bersama, serta menentukan solusi dari masalah yang ada, khususnya terkait dengan kejadian penyakit berbasis lingkungan yang ada di wilayah mereka. Peningkatan pengetahuan dan sikap anak SD yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis dengan uji t berpasangan dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil pre dan post menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan (yang awalnya 8,78 menjadi 10,90) dan sikap (yang awalnya 7,38 menjadi 9,52) yang signifikan (p<0,05). Dengan demikian, edukasi melalui media Film dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap anak SD tentang hidup sehat.
References
Andaruni,A., Fatimah, S., Sumangunsang,B. Gambaran Faktor –Faktor Penyebab Infeksi Cacingan pada Anak di SDN 01 Pasirlangu Cisarua. Fakultas Ilmu Keperaatan Unpad.
Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.
Hayati, Mawar. 2009. Pengaruh Peer Education Pentingnya Gizi Terhadap Perilaku Anak Usia Sekolah Dalam Menentukan Jajanan Sehat Di Kota Lhokseumawe. Program Pascasarjana. Universitas Indonesia Depok.
Nurfitriani, 2017. Efektifitas Film Dan Leaflet Terhadap Perilaku Hidup Bersih Sehat Pada Siswa Kelas Iii Di Sekolah Dasar Sungapan 03 Kota Pemalang. Repository. Bachelor of Public Health. Faculty of Health Science. DINUS University. 2017
Puskesmas Sungai Raya Kepulauan. 2016. Profil Puskesms Sungai Raya Kepualauan. Puskesmas Sungai Raya Kepulauan : Bengkayang.
Sari, D. A. (2010). Pengaruh promosi kesehatan tentang PHBS.
Santrock, John W. 2012. Life-span Development. 13 th Edition. University of Texas, Dallas : Mc Graw-Hill
Suwarni, L., Selviana., Fachri,M., 2016. Determinan of Environmental Disease In Health Promotion of Community Lead Total Sanitation (CLTS) on Elementary Students as Primary Prevention in Isolated District, Indonesia. SMU Medical Journal. Vol 3 No1.
Suwarni, L., Selviana., Sarwono, E., Ruhama, U. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui PENKES (Pendidikan dan Kesehatan) untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(1), 16-23.
Tandilangi, M., Mintjelungan,C., Wowor,V., 2016. Efektivitas dental health education dengan media animasi kartun terhadap perubahan perilaku kesehatan gigi dan mulut siswa SD Advent 02 Sario Manado. Jurnal e-Gigi (eG), 4 (2), Juli-Desember 2016
Yuliwulandari, R., Zahroh, H., Susilowati., Hendri,F., Usman. Media Edukasi Berbasis Cetak dan Digital tentang Pengobatan Lepra dan Efek Samping Obat Mempermudah pemahaman penderita Lepra, Keluarga, Masyarakat, dan Tenaga Kesehatan di Tanjung Pasir tentang Lepra dan Terapinya. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), September 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.