Penguatan Nilai Ekonomi dan Sosial Budaya Masyarakat Desa Kragan Melalui KKN Tematik
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3183Keywords:
Edukasi, kesenian, literasi keuangan, KKN tematikAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Tim KKN Kelompok 341 UNS melaksanakan kegiatan KKN selama 45 hari di Desa Kragan Kabupaten Karanganyar. Program kerja yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat mengenai literasi finansial, digital, dan sosial budaya. Tahapan pelaksanaan kegiatan ini meliputi identifikasi masalah, penentuan tujuan, sosialisasi program, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi hasil kegiatan. Adapun program kerja Tim KKN 341 diantaranya pendampingan pencatatan laporan keuangan sederhana pada UMKM di Desa Kragan, edukasi keuangan dan peningkatan kreativitas pada Siswa MI, edukasi seni bersosial media untuk remaja, sinau bareng, dan pengajaran kesenian hadrah pada anak-anak di Desa Kragan. Dalam pelaksanaan program, masyarakat berpartisipasi secara aktif dan Pemerintah Desa Kragan mendukung sepenuhnya kegiatan KKN, sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan
References
Aisyah, S., Sinaga, A. N. A., Tondang, G. A., & Harahap, S. F. (2023). Penerapan Pencatatan Keuangan pada UMKM Melalui Aplikasi Buku Warung. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 99–106. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.835
Anggeraini, Y., & Devana, T. (2022). Literasi Digital Untuk Orang Tua Di Era Pembelajaran Digital. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 48–51. https://doi.org/10.58471/pkm.v1i02.354
Aulia, F., & Salim, H. (2021). Implementasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Sekolah Dasar Saat Pandemi. Didaktika, 1(1), 181–189. https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika
Damayanti, R., & Rompis, A. I. (2021). Penguatan Peran UMKM melalui Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 379–390. https://doi.org/10.24246/jms.v1i32021p379-390
Darimis, D., Ummah, S. S. M., Salam, A., & Nugraha, A. R. (2023). Edukasi Literasi Digital Era Cybernetics Dalam Meminimalisir Penyalahgunaan Media Sosial Bagi Anak Di Pinggiran Kota. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 372–379.
Hanifah, A., & Hamdan, M. (2022). PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ISLAM MELATI , KELURAHAN CEMPAKA PUTIH. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–8.
Intani, V. A., Azazah, A., Uttamam, A. G., Utama, M. I., Ali, R. A., Fitri, Y., Jarmawati, K., Rahman, Y., & Aulia, M. H. (2024). PEMANFAATAN POTENSI DESA MELALUI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA ( KKN ) DI DESA BAGELEN KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN Oleh : Jurnal Dedikasi Untuk Negeri, 3(1).
Iswanto, A. (2019). Understanding Hadrah Art As the Living Al-Qur ’ an : the Origin ,. Al-Harakah, 21(2), 217–236.
Lahallo, F. F., Rupilele, F. G. J., Muskita, S. M. W., Ferdinandus, A. Y., Pakpahan, R. R., & Madina, L. O. (2022). PADA RUMAH BACA KANAAN KOTA SORONG Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini … numerasi , literasi sains , literasi digital , literasi finansial , dan literasi budaya dan kewargaan . Menurut ( pendapatan dan pengeluaran ), tetapi juga be. Journal of Dedication to Papua Community, 5(2), 42–56.
Legina, X., & Sofia, I. P. (2020). Pemanfaatan Software Pembukuan Akuntansi Sebagai Solusi Atas Sistem Pembukuan Manual Pada Umkm. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), 172. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i2.4771
Maftuhah, R., Prastya, M. D. A., & Rizani, M. (2023). Sistem Sinau Bareng sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Sekolah Dasar di Desa Klepek Sukosewu Bojonegoro. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 355–360. https://doi.org/10.54082/jippm.90
Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. Journal MANNERS Universitas Katolik Parahyangan, I(2), 133–137.
Permata, A. T. (2020). Psychological Impact in the Art of Hadrah Al Mubarok in Klangkung Pandaan . 477(Iccd), 93–95. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201017.021
Reid, A., & Pendleton, S. M. (2024). Social Media Transparency Reports: Longitudinal Content Analysis of News Coverage. The Journal of Social Media in Society, 13(1), 122–154.
Sutarso, J., & Fahmi, M. (2022). Membangun potensi lokal menjadi obyek wisata pertanian organik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9858–9865.
Suzanti, L., Nuroniah, P., & Tiurlina, T. (2022). Edukasi Literasi Finansial Kepada Anak Usia Dini Melalui Poster di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 1(2), 82–86. https://journal.potlot.id/index.php/jurnalpelatihanpendidikan/article/view/14
Titisari, M. A., Hariyono, A., Sholichah, S. A., & Indraswara, W. T. (2023). Pendampingan Anak-Anak dengan Program Sinau Bareng di Desa Pranti, Sedati, Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi (Adipati), 2(1), 52–58. https://doi.org/10.31284/j.adipati.2023.v2i1.3906
Ulya, H. N., & Agustin, R. P. (2022). Penguatan UMKM Melalui Pembuatan Merek Dagang dan Label pada UMKM Jajanan Camilan di Desa Joresan Mlarak Ponorogo. Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 58–70. https://doi.org/10.21154/amaluna.v1i1.1069
Yamani, A. Z., Muhammad, A. W., & Faiz, M. N. (2019). Penguatan Ekonomi Lokal Pada Pelaku UMKM Berbasis Digital Di Desa Winduaji Kabupaten Brebes. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.29
Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eksa Rusdiyana, Dewi Fatimah, Imam Wahidin, Muhammad Ravi Ravelino, Nabila Maharani Zaen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.