Pelatihan Training of Trainer (ToT) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v6i02.1593Keywords:
Training of Trainer, Artikel ilmiah bereputasi, dan Kualitas.Abstract
Berkembangnya tekhnologi dan tingginya kualifikasi jurnal bereputasi menimbulkan banyak tantangan bagi para peneliti untuk mempublikasikan artikel yang telah dimiliki. Munculnya jurnal predator dan kurangnya pengetahuan peneliti terhadap perkembangan terakhir status jurnal bereputasi tidak jarang menimbulkan kerugian baik dari segi efisiensi maupun finansial. Dengan adanya program pelatihan dan pendampingan dosen sebagai Trainer diharapkan dapat memberikan jawaban dan solusi atas keingintahuan dan segala permasalahan yang mungkin menjadi kendala bagi para peneliti khususnya di lingkungan akademik Dosen. Tujuan dari pelatihan ini adalah selain untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah yang dimiliki oleh dosen, juga ditujukan untuk menghasilkan seorang trainer atau pelatih yang terampil dalam bidang penulisan artikel ilmiah pada jurnal bereputasi baik skala nasional ( SINTA) maupun international ( Scopus atau WoS). Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Seluruh Akademisi khususnya Dosen dalam mengembangkan kemampuan menulis pada bidang keahlian masing-masing.
References
Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1), 61-65.
SURAT DIRJEN DIKTI NO. 152/E/T/2012: WAJIB PUBLIKASI ILMIAH BAGI S1/S2/S3.
Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi dalam publikasi ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2).
Nashihuddin, W., & Aulianto, D. R. (2016). Pengelolaan Terbitan Berkala Ilmiah Sesuai Ketentuan Akreditasi: Upaya Menuju Jurnal Trakreditasi Dan Bereputasi Internasional. Jurnal Pustakawan Indonesia, 15(1-2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.