Pelatihan Parafrasa dan Aplikasi Parafrasa Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2615Keywords:
Parafrasa, Jenis Parafrasa, Aplikasi, PengabdianAbstract
Sejak masuk perkuliahan, mahasiswa seharusnya diberi pembekalan mengenai cara menghindari plagiat dalam karya tulis ilmiah. Parafrasa menjadi salah satu alternatif pencegahan plagiat sekaligus meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang tulis menulis. Oleh karena itu, Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada mahasiswa, mengenai parafrasa dan aplikasi parafrasa. Parafrasa dapat dimanfaatkan dalam perkuliahan, khususnya dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Aplikasi parafrasa mudah digunakan dan dapat diakses secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, tanggal 31 Mei 2023. Ada 45 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Tahapan kegiatan pelatihan ini yaitu, peserta diberi materi terkait parafrasa, jenis-jenis dan aplikas yang dapat digunakan. Aplikasi yang digunakan yaitu Smodin, Spinner.id dan Paraphrasing Tool dari Quillbot. Setelah itu, peserta diminta mempraktikan cara parafrasa menggunakan aplikasi. Dalam pelaksanaannya peserta diberi Pretest dan Postest. Hasilnya terlihat peningkatan dalam pemahaman mengenai parafrasa. Secara keseluruhan peserta dapat menggunakan aplikasi tersebut.
References
Alua M. A., Asiedu N. K., & Bumbie-Chi D M. (2022). Students’ Perception of Plagiarism and
Usage of Turnitin Anti-Plagiarism Software: The Role of the Library. 63 (1) 119-136. Journal of Library Administration.
Amanda, Sukma E M., Lubis N., & Dewi Utami. (2023). Quillbot is an AI-powered English
Writing Assistant: An Alternative for Students to Write English. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris (JUPENSI). 3 (1) 188-199.
Fitria, T. N. (2021). QuillBot as an online tool: Students’ alternative in paraphrasing and
rewriting of English writing. English: Journal of Language, Education, and Humanities,
(1), 183-196. https://doi.org/10.22373/ej.v9i1.10233.
Foltýnek T., Dlabolová D., Anohina-Naumeca A., Razi S., Kravjar J., Kamzola L., Guerrero
Dib J., Çelik Ö., Weber-Wulff D. (2020). Testing of support tools for plagiarism
detection. International Journal of Educational Technology in Higher Education. 17
(46) 1-31.
Gunawan, C. I. 2(012). Pedoman Menulis Buku Ajar dan Referensi Bagi Dosen. Malang:
IRDH.
Inayah, N. A. M., & Sulistyaningrum, S. D. (2021). Employing Online Paraphrasing Tools to
Overcome Students’ Difficulties in Paraphrasing. STAIRS: English Language
Education Journal. Universitas Negeri Jakarta, 2(1) 52-59.
Kesuma, T. M. J. (1998). Ihwal (Teknik) Parafrasa. Humaniora Universitas Gajah Mada, (9).
Lawelai H., Sadat A., Suherman A., Maulana H. F., & Nazar A. (2022). Pelatihan Parafrase
Untuk Pencegahan Plagiasi Pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Journal of
Community Empowerment Universitas Muhammadiyah Buton, 1 (1) 19-23.
Nisa K., Syafitri E., Saragih S R D., Aryni Y., & Rahmadani E. (2022). Penggunaan Aplikasi
Parafrasa untuk menurunkan Plagiarisme pada mahasiswa FKIP Universitas Asahan
dalam Menyelesaikan Skripsi. Warta Pengabdian Andalas: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan Ipteks 29 (1) 55-60.
Sastroasmoro, A. (2017). Beberapa Catatan tentang Plagiarisme. Majalah Kedokteran
Indonesia, 57(8).
Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya
Ilmiah. Buletin Psikologi, Universitas Gajah Mada. 27 (1) 30-42. DOI:
22146/buletinpsikologi.43058
Tarigan, H. G. (2010). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Kesmas:
Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6 (50).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marwah Ulwatunnisa, Syaiful Arifin, Siti Hartinah, Afra Apriliyanti Kusuma Putri
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.