Melestarikan Sumber Daya Genetik (SDG) Lokal Sebagai Ketahanan Pangan Fungsional

Authors

  • Hamidah Hamidah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Siti Mutmainah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Ketahanan pangan, Pangan Fungsional, Sumber Daya Genetik (SDG) Lokal

Abstract

Sumber Daya Hayati (SDH) mencakup sumber daya genetik (SDG), organisme atau bagiannya, populasi atau komponen biotik ekosistem-ekosistem lain dengan manfaat dan nilai yang nyata atau potensial untuk kemanusiaan.   Material genetik adalah bahan dari tumbuhan, binatang, jasad renik yang mengandung unit-unit fungsional pewarisan sifat (hereditas).

            Permasalahan yang didapat di lapangan yaitu: masyarakat kurang memahami arti pentingnya sumber daya genetik dan manfaatnya serta bagaimana cara melestarikannya.

         Solusi yang dapat diberikan yaitu memberikan pemaparan (transfer ilmu) terkait Sumber daya genetik lokal, manfaat dan cara melestarikannya untuk kelangsungan hidup generasi yang akan datang. Tujuan pengabdian kepada masyarakakat (PkM) adalah membuka wawasan/cara pandang masyarakat terhadap masalah sumber daya genetik lokal, manfaat dan cara pelestariannya

         Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan demonstrasi praktik langsung di lapangan yang didasari oleh evaluasi awal sebagai landasan untuk menentukan posisi pengetahuan kelompok sasaran mengenai Sumber Daya Genetik (SDG) lokal dan manfaatnya serta cara melestarikannya.  Kemudian membuat kebun percontohan untuk pengembangan SDG lokal tersebut.

         Hasil PkM memberikan pencerahan terhadap wawasan masyarakat terkait sumber daya genetik yang ada di sekitar lingkungan kita, dan memanfaatkannya untuk pengembangan pemenuhan kebutuhan pangan dan bernilai ekonomi.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Hamidah, H., & Mutmainah, S. (2024). Melestarikan Sumber Daya Genetik (SDG) Lokal Sebagai Ketahanan Pangan Fungsional . Jurnal Anggrek Hitam, 1(2), 40–43. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasanggrekhitam/article/view/3016

Issue

Section

Artikel