PAJAK PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (Studi Kasus Pengguna Sistem Pembayaran Pajak Online Berbasis e-Samsat di Kota Samarinda)

Authors

  • Eka Lodzviana Saputri Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Martinus Robert Hutauruk Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Novi Yanti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Pantas Pangondian Pardede Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Kualitas Sistem, Informasi, Layanan, kepuasan pengguna, e-Samsat, Deleon & McLean

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem pembayaraan pajak online berbasis e-Samsat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Alat analisis yang digunakan untuk menghitung dan menganalisis hasil penelitian ini dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji linier berganda, uji parsial, dan uji simultan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasaan pengguna e-Samsat. Kualitas informasi tidak berpengaruh positif terhadap kepuasaan pengguna e-Samsat. kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan yang diberikan oleh sistem e-Samsat sudah baik dan memenuhi harapan pengguna. Kualitas sistem yang disediakan telah memberikan keuntungan dengan sistem yang sudah sederhana, mudah dipahami, mudah diakses, dan cepat dalam merespon perintah. Kualitas informasi yang diberikan cukup diterima dan digunakan dengan baik oleh si pengguna. Kualitas layanan yang diberikan oleh sistem e-Samsat memberikan rasa puas.

References

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001

Delone, WH, dan E. M. (2003). The DeLone and McLean Model of Information systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Juli, E., Sistem, D. K., & Informasi, K. (2022). Kualitas Layanan Terhadap Net Benefit Pemakaian Website Lazismu Solo Dengan Variabel Intervening. 8(2), 17–33.

Masdiasmo. (2018). perpajakan (revisi terbaru).

Permendagri. (2022). PeraturanMentri Dalam Negeri Tentang Dasar Pengeenaan Pajak Kendaraan bermotor, Bea Balik Nama Kendaaan Bermotor, dan Pajak Alat Berat. 1–5.

Peraturan Pemerintah Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Mendukung Kemudahan Berusaha dan Layanan Daerah. 069202, 25. file:///C:/Users/acer/Favorites/Downloads/PP Nomor 10 Tahun 2021.pdf

Rachman, R. (2021). Analisa Kesuksesan E-Government Lapor dengan Model Delone-Mclean dan Metode PLS-SEM. Sistemasi, 10(2), 357. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1236

Oktavianingrum, D., Surya, R. T., & Apriliawati, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi OnlineE-Samsat JabarTerhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Kantor Samsat Kota Bandung I Pajajaran)Pemerintahan/Akuntansi). Indonesian Accounting Research Journal, 1(2), 244–252.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Lodzviana Saputri, E., Hutauruk, M. R., Yanti, N., & Pardede, P. P. (2024). PAJAK PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (Studi Kasus Pengguna Sistem Pembayaran Pajak Online Berbasis e-Samsat di Kota Samarinda). OBOR: Oikonomia Borneo, 6(1), 46–54. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/oikonomia/article/view/2520

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>