EVALUASI PENERAPAN PSAK NOMOR 30 DALAM OPERASIONAL LEASING PADA PT. MEGA FINANCE DI SAMARINDA

Authors

  • Rika Widia Ratna Ningsih Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Siti Rohmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/obor.v5i1.1353

Keywords:

Leasing, Pembiayaan, Sewa

Abstract

Rika Widia Ratna Ningsih, Evaluasi Penerapan PSAK No. 30 Dalam Operasional Leasing Pada PT. Mega Finance Di Samarinda. Dengan Dosen Pembimbing I Bapak Umar Hi Salim, S.E., M.M. dan Dosen Pembimbing II Bapak Mansyur, S.E., M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembiayaan leasing dan penerapan PSAK Nomor 30 dalam operasional leasing pada PT. Mega Finance di Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di BKAD Kabupaten Paser. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dari staf akuntansi dan hasil observasi PT. Mega Finance Samarinda. Data yang didapat disederhanakan dan dikelompokkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Mega Finance Samarinda telah mengakui terkait aset piutang sewa pembiayaan pada laporan keuangan dengan investasi sewa neto dengan besaran jumlah yang sama, dan telah menerapkan sewa pembiayaan atau finance lease dengan model direct financing lease sesuai dengan klasifikasi yang telah diatur dalam PSAK Nomor 30 tentang Sewa. Piutang sewa, pendapatan akuntansi, dan pengakuan, pengukuran, serta pengungkapan transaksi keuangan telah berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PSAK Nomor 30 Tentang Sewa.

Kata Kunci: Leasing, Pembiayaan, Sewa

References

REFERENSI
Abdullah,Thamrin. Dan Francis Tantri, 2012. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Adhe, Arthesa dan Edia Handiman. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: Indeks
Arthesa, Ade. Dan Edia Handiman, 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta Barat: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Boyatzis, R,E, Ron, S, 2001, Unleashing the Power of Self Directed Learning, Case Western Reserve University, Cleveland, Ohio, USA
Goleman, Daniel. 2002, Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih bahasa : Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
Harrison Jr, Walter T, et.al, 2011. Akuntansi Keuangan International Financial Reporting Standards-IFRS. Jakarta: Erlangga.
Hery, 2013. Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Indonesia, Ikatan Akuntan, 2012. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Nomor 30. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.
Izati, Nur. 2014. Analisis Akuntansi Sewa Berdasarkan PSAK NO. 30 Pada PT.MAF-MCF Tanjung Pinang. Fakultas Ekonomi. Universitas Maritim Raja Ali Haji
Kasmir, 2013. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Lexy Moleong, 2011, Metodologi Penelitian Kulaitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Lidya, 2014, Analisis Perlakuan Akuntansi Sewa Guna Usaha (Leasing).
PT. MAF & MCF Berpedoman pada ketentuan PSAK Nomor 30, Universitas Maritim Raja Ali Haji
Nasution, M, 2003. Akuntansi Guna Usaha (Leasing) Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 30. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara .
Rivai, Veithzal, 2013. Credit Managemen Hand Book Manajemen Perkreditan Cara Mudah Menganalisis Kredit. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Rosmiati, 2017, Perlakuan Akuntansi Leasing Berdasarkan Psak No. 30 Pada Pt. Bumi Jasa Utama, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar
Samryn, L, 2011. Pengantar Akuntansi Mudah Membuat Jurnal Dengan Pendekatan Siklus Akuntansi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Silvanita, Ktut, 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Erlangga. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung
Subekti, R, 1985, Pokok-Pokok Hukum Perdata, Jakarta : PT Intermasa, Cetakan Ke dua puluh.
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tatag Yuli Eko Siswono, 2010, Penelitian Pendidikan Matematika, Surabaya: Unesa University press
Tb. Deni Hazwartharik R., 2011, Evaluasi Komparatif Psak No. 30 Sewa Guna Usaha Dengan Psak No. 30 (Revisi 2007) Sewa, Studi Kasus Pt. Garuda Indonesia Tbk. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School Jakarta
Veithzal Rivai, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Rajagrafindo persada, Bandung.
www.ctcorpora.com
www.megafinance.co.id

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Ningsih, R. W. R., & Rohmah, S. (2023). EVALUASI PENERAPAN PSAK NOMOR 30 DALAM OPERASIONAL LEASING PADA PT. MEGA FINANCE DI SAMARINDA. OBOR: Oikonomia Borneo, 5(1), 236–242. https://doi.org/10.24903/obor.v5i1.1353

Issue

Section

Articles