Pengaruh Kepemilikan Manajerial Kepemilikan Institusional Dewan Komisaris Independen Terhadap Manajemen Laba dengan Komite Audit sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Periode 2017-2021

  • Siti Rohmah
Keywords: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Manajemen Laba, Komite Audit

Abstract

Penelitian ini  bertujuan        untuk        menguji pengaruh      Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan komisaris independen terhadap   Manajemen Laba dengan Komite     Audit     sebagai   variabel     moderasi.. penelitian ini mencari pembenaran dan seberapa besarnya pengaruh setiap variabel independen dan moderasi. Sampel  yang digunakan dalam penelitian ini diambil    dengan    metode   purposive      sampling dengan kriteria sampel.   Sampel yang      digunakan   dalam penelitian ini adalah data sekunder dari laporan           tahunan         perusahaan manufaktur yang terdaftar  di  Bursa  Efek Indonesia  tahun 2017-2020.  Setelah dilakukan reduksi  dengan kriteria  yang  ditetapkan pada  18  perusahaan          sebagai          sampel.          Analisis  data menggunakan    analisis   regresi linier    berganda  dan analisis regresi  moderasi.  

Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa secara simultan berpengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Dewan Komisaris Independen. Secara partial tidak ada pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional maupun dewan komisaris independen terhadap manajemen laba. Untuk variabel moderasi hanya satu variabel yang memoderasi yaitu Kepemilikan Institusional terhadap Komite Audit.

References

Aurora, Annisa. "Pengaruh Good Corporate Governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)." Jurnal Akuntansi 6.1 (2018).

Astuti, Ayu Yuni, Elva Nuraina, and Anggita Langgeng Wijaya. "Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba." FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi. Vol. 5. No. 1. 2017.
Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (https://meenta.net/metode-kuantitatif/)

Dasilva, Maria Ursula Canesia, Anwar Made, and Ati Retna Sari. "Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba." Pacioli: Jurnal Kajian Akutansi dan Keuangan 1.1 (2021): 9-14.

Elviani, Lina. Pengaruh Good Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan terhadap Manajemen Laba (Studi Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Diss. Universitas Muhammadiyah Gresik, 2020.

Effendi, Muh.Arif. 2017. Cetakan ke-2. The Power of Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Jakarta : Salemba Empat.
Published
2022-09-30
How to Cite
Rohmah, S. (2022). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Kepemilikan Institusional Dewan Komisaris Independen Terhadap Manajemen Laba dengan Komite Audit sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Periode 2017-2021. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 11(2), 412-424. https://doi.org/10.24903/je.v11i2.1570
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)