ANALISIS PERAN ORGANISASI PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM MENCEGAH PENYEBARAAN NARKOBA (STUDI KASUS: DI MASYARAKAT DESA SILINDA)

Authors

  • Dwi Aulia Anggraini Universitas Negeri Medan
  • Sindari Br. Barus Universitas Negeri Medan
  • Parlaungan Gabriel Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Novridah Reanti Purba Universitas Negeri Medan
  • Laney Sartika Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24903/fpb.v9i1.2882

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran organisasi keterlibatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Silinda, Kecamatan Silinda, Kabupaten Serdang Bedagai, dalam meningkatkan kesadaran dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Fokus utama penelitian adalah untuk memahami peran PKK dalam mengedukasi masyarakat pedesaan yang pengetahuannya tentang bahaya narkoba masih terbatas dan akses terhadap layanan kesehatan mental yang juga terbatas. Metode penelitian yang digunakan melibatkan tiga responden anggota PKK untuk menggali solusi atas masalah penyalahgunaan narkoba di Desa Silinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program yang dijalankan oleh PKK memiliki dampak positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba. Melalui penyuluhan, pelatihan, dan pengawasan, PKK berhasil mengurangi tingkat penyalahgunaan narkoba dan mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih positif. Program penyuluhan yang intensif dan berkelanjutan berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pencegahan narkoba dan memperkuat ketahanan komunitas terhadap pengaruh narkoba.  Pelatihan yang diberikan oleh PKK juga membantu masyarakat dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengenali dan mencegah penyalahgunaan narkoba. Selain itu, pengawasan yang dilakukan oleh anggota PKK memberikan dukungan moral dan psikologis bagi individu yang berisiko, serta membantu dalam mendeteksi kasus-kasus penyalahgunaan narkoba lebih dini

References

Amalia, L. (2017). Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Asy'ari, M., & Baysha, M. H. (2022). Sosialisasi Pencegahan Bahaya Narkoba Remaja Desa Mertak Kabupaten Lombok Tengah. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 233-240.

Cahyani, A. (2018). Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Pencegahan Penyalagunaan Narkoba di Kalangan Remaja: Studi Kasus di Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Farida, A. (2019). Peran Pemuda dan Organisasi masyarakat dalam Pencegahan Narkoba. Jurnal Sosial Humaniora, 67-80.

Fitriani, B. (2020). Pemberdayaan Masyarakat melalui PKK.

Jabar, R., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2021). Peningkatan Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba Untuk Mewujudkan Desa Bersih Narkoba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3557-3566.

Kristiono, N., Astuti, I., Latifah, H., & Pangestu, G. R. (2020). Peran Kelompok Aksi Pelajar Anti Narkoba Dalam Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(2), 126-133.

Mulia Jaya, A. F. (2023). Keterlibatan Masyarakat Sebagai Mitra Polisi dalam Penanganan Narkoba Dusun Pelayang Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo. Jurnal Politik Dan Pemerintah Daerah.

Mulyani, R. (2019). Peran Organisasi Lokal dalam Pencegahan Narkoba. Jurnal Sosial Kemasyarakatan.

Nugroho, D dan Sari, M. (2018). Efektivitas Program Anti-Narkoba di Tingkat Desa. Jurnal Ilmu Sosial, 201–213.

Prasetyo, B. (2021). Community-Based Drug Prevention Programs. Jurnal Pemberdayaan Komunitas.

Retnowati, N., & Firdani, G. S. P. (2022). Pemberdayaan Penggerak Pkk, Kampung Bebas Stunting Dan Narkoba Berbasis Kamtibmas Di Jemur Ngawinan, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Surabaya. Jurnal Abdi Bhayangkara, 4(02), 1571-1580.

Sholeh, M. (2022). Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja Desa Kaliurip Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Kampelmas, 1(2), 633-641.

Utami, S. (2020). Pemberdayaan Komunitas dan Pencegahan Narkoba. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 89-101.

Additional Files

Published

2024-06-21

How to Cite

Dwi Aulia Anggraini, Sindari Br. Barus, Parlaungan Gabriel Siahaan, Novridah Reanti Purba, & Laney Sartika. (2024). ANALISIS PERAN ORGANISASI PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM MENCEGAH PENYEBARAAN NARKOBA (STUDI KASUS: DI MASYARAKAT DESA SILINDA). FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 9(1), 59–68. https://doi.org/10.24903/fpb.v9i1.2882

Issue

Section

Articles