IMPLIKASI SERTIFIKASI HALAL BAGI BISNIS DAN KONSUMEN DI INDONESIA : STUDI LITERATUR

Authors

  • Puteri Aprilani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Tutik Nugrahini Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Sugiarto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Sertifikasi Halal , Konsumen, Bisnis

Abstract

Konsep produk halal menjadi menarik sat ini diseluruh dunia karena tolak ukur yang digunakan ialah kesehatan, hal tersebut menyebabkan sertifikasi halal mempunyai peranan penting bagi produk-produk olahan karena dapat meningkatkan kepercayaan pada konsumen, meningkatkan pangsa pasar serta meningkatkan daya saing bagi sector bisnis di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya adalah muslim. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian literatur terkait dengan Implementasi Sertifikasi halal pada produk-produk olahan Pertanian dan dampaknya bagi usaha. Penelitian ini mengkaji hasil-hasil penelitian yang sudah dipublikasi pada jurnal ilmiah. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil penelitian terdahulu. Analisis data berdasarkan hasil penelitian terpublikasi yang memenuhi kriteria Inklusi.

References

Aziz, Y. A., & Chok, N. V. (2013). The Role of Halal Awareness, Halal Certification, and Marketing Components in Determining Halal Purchase Intention Among Non-Muslims in Malaysia: A Structural Equation Modeling Approach. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 25(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/08974438.2013.723997

Faizah, F. N. (2022). Eksistensi bisnis kuliner halal melalui digital marketing di era new normal. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 85–98. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.513

Fatimah, C., Surawan, S., & Wahdah, N. (2022). Implikasi Sertifikat Halal Produk Dalam Sakralisasi Agama Di Indonesia. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(2), 97. https://doi.org/10.18592/msr.v4i2.7675

Hidayat, A. S., Siradj, M., & Selatan, J. (2015). Sertifikat Halal dan Non Halal pada Produk Pangan Industri. Jurnal Ahkam, XV(2), 199–210.

Rohadatul Anisa, N. (2021). Pengaruh Label Halal dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Survei Online Pada Pengikut Instagram @Safiindonesia). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2138–2146. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i12.453

Syafrida. (2014). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungan dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. ADIL: Jurnal Hukum, 105(3), 129–133. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Tahliani, H. (2023). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Syar’ie : Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 6(1), 1–12.

Warto, W., & Arif, Z. (2020). Bisnis Produk Halal antara Peluang dan Tantangan, Problematika dan Solusinya. Al-Ulum, 20(1), 274–294. https://doi.org/10.30603/au.v20i1.1170

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Aprilani, P., Nugrahini, T., & Sugiarto. (2024). IMPLIKASI SERTIFIKASI HALAL BAGI BISNIS DAN KONSUMEN DI INDONESIA : STUDI LITERATUR. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 222–229. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2760

Issue

Section

Articles