KONTRIBUSI INSTRUMEN ZAKAT DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Badrus Syamsi Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Kalimantan Timur
  • Abiyajid Bustami Universitas Mulawarman
  • Sugiarto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Muh Shadiqul Fajri AF Universitas Mulawarman
  • Swadia Gandhi Mahardika Universitas Mulawarman

Keywords:

SDGs, CIBEST, Zakat, Kemiskinan, Produktif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan instrumen zakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Balikpapan. Hal inilah yang menjadi alasan strategis untuk mensosialisasikan gerakan zakat, bahwa zakat tidak hanya sekedar instrumen keagamaan, tetapi juga merupakan instrumen sosial yang dapat mendukung pembangunan dunia, khususnya kota Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kombinasi metode (mixed method) yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif pada penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan kajian dan analisis data berupa observasi dan dokumentasi pada laporan tahunan Baznas Kota Balikpapan yang dilakukan selama kurun waktu antara tahun 2015 sampai dengan tahun 2020. Sedangkan kuantitatif pada penelitian ini digunakan untuk melakukan analisa sejauh mana kualitas instrument zakat dalam mendukung kesejahteraan mustahik. Hasil penelitian menunjukan kontribusi zakat dalam mendukung pelaksanaan SDGs di Baznas Kota Balikpapan dilaksanakan dalam tujuh tujuan SDGs. Berdasarkan klasifikasi model CIBEST, pendayagunaan dana zakat produktif berdampak dalam menurunkan kemiskinan material dan spiritual masing-masing sebesar -35% dan -9.3%, sedangkan dalam peningkatkan kualitas kesejahteraan mustahik, program penyaluran dana zakat produktif berperan sebesar 33% mustahik telah meningkat kesejahteraannya.

References

Al-Athrasy, M. (2013). Hikmah di Balik Kemiskinan. Qisthi Press.

Beik, I. S. (2015). Measuring Zakat Impact on Poverty and Wealfare Using CIBEST Model. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 1.

Firdausy, C. (2008). Dimensi Manusia dalam Pembangunan Berkelanjutan. LIPI. Murdiyarso, D. (2003). CDM: Mekanisme Pembangunan Bersih. PT Kompas

Media Nusantara.

Oekan, & Abdoellah. (2015). Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: di Persimpangan Jalan. PT Gramedia Pustaka.

Qardhawi, Y. (2013). Shadaqah Cara Islam Mengentaskan Kemiskinan. Rosda. Sudarmadji, & dkk. (2008). Analisis Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Syamsi, B., Bustami, A., Sugiarto, AF, M. S. F., & Mahardika, S. G. (2023). KONTRIBUSI INSTRUMEN ZAKAT DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KOTA BALIKPAPAN. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 12(1), 285–297. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2069

Issue

Section

Articles