PENGARUH LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT ERAJAYA SWASEMBADA TBK.

Authors

  • Muhammad Astri Yulidar Abbas
  • Tira Safitri Hutabarat

Keywords:

likuiditas, ukuran perusahaan, profitabilitas

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap profitabilitas pada PT Erajaya Swasembada Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan data laporan keungan pertriwulan selama periode 2016-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan variabel yang digunakan likuiditas, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan pengujian data statistik.

Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa pengaruh likuiditas dan ukuran perusahaan secara simultan memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap profitabilitas. Kemudian, secara parsial bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

References

Anwar, Mokhamad. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan.Penerbit Kencana. Bandung.

Arifin, Dedy S., Buyung Sarita & Riski Amalia. (2018). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Volume 11, No. 2 .

Dahono, Yudo. (2021). “Erajaya Raup Laba Lebih dari 2 Kali Lipat Selama Masa Pandemi”, https://www.beritasatu.com/ekonomi/756897/erajaya-raup- laba-lebih-dari-2-kali-lipat-selama-masa-pandemi,

Ghozali, Imam (2018). Apikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Penerbit Undip. Semarang.

Hutabarat, Francis. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan. Penerbit Desanta Muliavisitama. Serang.

Hery. (2015). Analisis Kinerja Keuangan. Penerbit Grasindo. Jakarta. Hery. (2016). Analisis Laporan keuangan. Penerbit Grasindo. Jakarta. Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Penerbit Grasindo. Jakarta.

Hasanah, Afriyanti & Didit Enggariyanto. (2018). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Return On Asset Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Volume 2, No. 2.

Kasmir & Jakfar. 2013. Studi Kelayakan Bisnis. Penerbit Kencana. Jakarta. Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Penerbir PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Mailinda, Riska. (2018). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada BNI Syariah Di Indonesia Periode 2015-2017. Skripsi (S1). Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Nurlailia, Heni & D. Ari Pertiwi. (2020). Faktor-faktor yang bepengaruh pada Kualitas Laba. Volume 2, No. 3.

Ramadhani, Niko. (2020). “Ritel: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya”, https://www.akseleran.co.id/blog/ritel-adalah/,

Siyoto, Sandu & M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Penerbit Literasi Media Publishing. Yogyakarta.

Sitanggang, Friska Artaria. (2021). Pengaruh Likuiditas Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Volume 10, No. 1.

Widhi, Agung & Zarah Puspitaningtyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Pandiva. Yogyakarta.

Wikipedia. “Erajaya Swasembada”, https://id.wikipedia.org/wiki/Erajaya_Swasembada, www.erajaya.com

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Abbas, M. A. Y., & Hutabarat, T. S. (2023). PENGARUH LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT ERAJAYA SWASEMBADA TBK. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 12(2), 209–223. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2444

Issue

Section

Articles