PENGARUH MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY OVO DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1244Keywords:
Financial Technology OVO, Digital Marketing, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan penggunaan financial technology OVO dan digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Samarinda. Metode penelitian ini kuantitatif korelasional. Alat ukur berupa kuesioner dengan skala likert. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi IBM 23.
Hasil penelitian penggunaan financial technology OVO berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Samarinda (Nilai signifikasi 0,096 > α = 0,05 dan t hitung 1,680 < t tabel 1,984). Digital marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Samarinda (Nilai signifikasi 0,002 < α = 0,05 dan t hitung 3,211 > t tabel 1,984). Ada pengaruh penggunaan financial technology OVO dan digital marketing secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Matahari Department Store Samarinda (Fhitung 24,244 > Ftabel 3,090).
References
Anduril. 2018. OVO, Dompet Digital yang Praktis dan Banyak Untungnya. https://jurnalapps.co.id/ovo-dompet-digital-yang-praktis-dan-banyak- untungnya-14835.
Anwar, Nabila Aulia. 2019. Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan OVO di Malang Raya Menggunakan Consumption Value Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X Vol. 3, No. 5, Mei 2019, hlm. 4374-4382
Arnes, Douglas W. dkk. 2015. The Evolution of Fintech: A New Post- CrisisParadigm?. Journal of International Law Research Paper No. 2015/047: University of Hong Kong.
Chaffey, D. 2011. E-Business and E-Commerce Management : Strategy, Implementation, and Practice (5th). Pearson Education.
Crown. 2011. Manajemen Strategik. Jakarta: PT Grasindo.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firdaus. 2019. Pengaruh Sistem E-Payment, Sosial Media, dan Pemanfaatan Go- Food Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Kue dan Roti Choco Bakery Medan. http://repositori.usu.ac.id
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition. New Jersey: Pearson.
Kotler, P. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P, Bowen, J.T & Makens, J. 2014. Marketing for Hospitality and Tourism: Sixth Edition. London: Pearson Education Limited.
Kotler dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga.
Rahma, Tri Inda Fadhila. 2018. Persepsi masyarakat terhadap penggunaan financial technology (Fintech). At-Tawassuth, Vol. III, No. 1, 2018: 642 – 661
Rangkuti, F. 2014. Riset Pemasaran, Cetakan Keenam. Gramedia, Jakarta.
Rizky, M.F. & Yasin, H. 2014, Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis. 14 (2) : 2067- 2075.
Ryan, Damian and Calvin Jones. 2009. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. United States: Kogan Page Limited.
Schiffman & Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks. Sugiyono. 2015. Statistik Non Parametris Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Swastha dan Handoko. 2017. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Swasta dan Irawan. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Wijayanti, Irine Diana Sari. 2012. Manajemen. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press