Pencegahan Merokok Sejak Dini melalui Penyuluhan Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.809Keywords:
Pencegahan merokok, penyuluhan, bimbingan dan konselingAbstract
Tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan, pemahaman mengenai bahan yang terdapat dalam rokok serta bahaya dan resiko bagi perokok dan orang yang berada disekitarnya, memberikan bimbingan dan konseling, agar siswa tidak merokok lagi, dan membangun motivasi agar bisa sukses melalui potensi yang dimiliki. Metode yang digunkan yaitu, penyuluhan kombinasi dengan roll play dan FGD, bimbingan dan konseling. Hasil kegiatan melalui evaluasi diakhir dengan cara tanya jawab kepada siswa, menggambarkan siswa yang mengikuti penyuluhan sebanyak 54 orang mengetahui dan memahami bahan yang terdapat pada rokok serta bahaya dan dampak akibat mengkonsumsinya.
References
Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.
Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Profil Dinas Kesehatan Kota Samarinda. 2016. Angka Perokok Pada Usia 5-15 Tahun. Samarinda.
Kemenkes RI. 2013. “Anak Remaja Rentan Menjadi Perokok Pemula”. URL:http//www.depkes.go.id.
Notoatmodjo. “Promosi Kesehatan”. Rineka cipta 2012
Corey, Gerald. 2013. “ Teori dan Prektik Konseling & Psikoterapi”. Terjemahan E. Koswara. Rafikaaditama Bandung.
Brown, N., Luckett, T., Davidson, P. M., & DiGiacomo, M. (2017, August 1). Family-Focussed Interventions to Reduce Harm from Smoking in Primary School-Aged Children: A Systematic Review of Evaluative Studies. Preventive Medicine, Vol. 101, pp. 117–125. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2017.06.011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.