Pelatihan Pengukuran Kepuasan Pelanggan Gerai Kantin Eureka Bandung dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3340

Keywords:

Kepuasan pelanggan, Servqual, Bauran pemasaran, Prioritas perbaikan

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh gerai-gerai di Kantin Eureka, Bandung adalah penurunan pendapatan karena gerai menjadi semakin sepi pelanggan, terutama setelah pandemi COVID-19. Penurunan pendapatan ini dapat berakibat tutupnya gerai-gerai di Kantin Eureka. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berusaha untuk membantu gerai-gerai untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebelum mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, gerai harus bisa mengukur kepuasan pelanggan, menemukan variabel yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas layanan, dan prioritasnya. Pengukuran kepuasan pelanggan pada PKM ini dilakukan dengan mengkombinasikan konsep Service Quality (Servqual) dengan variabel-variabel bauran pemasaran. Pengukuran dapat dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pelanggan. Kuesioner dibuat berdasarkan variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu variabel bauran pemasaran. Tim PKM Dosen Prodi Teknik Industri, Universitas Kristen Maranatha membantu gerai-gerai di Kantin Eureka dengan membuatkan alat ukur dengan variabel yang sesuai. Setelah itu, tim memberikan pelatihan tentang kepuasan pelanggan, variabel-variabel penentu kepuasan, pembuatan alat ukur, pengolahan data, dan interpretasi hasil pengolahan data kepada pemilik/pekerja gerai-gerai di Kantin Eureka. PKM dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus tahun 2024. Pelatihan dilakukan di ruang pertemuan PT. DSU tanggal 25 Juli 2024. Dari hasil pengukuran, didapat variabel apa saja yang dinilai tidak memuaskan oleh pelanggan.  Berikutnya pelatihan juga diberikan untuk menentukan urutan prioritas perbaikan, sehingga gerai bisa melakukan prioritas perbaikan. Dengan diberikannya pelatihan ini, diharapkan gerai-gerai dapat menjaga agar kepuasan pelanggan selalu baik, dan penjualan mereka bisa naik. Hasil dari pretest dan posttest, yaitu dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan, menunjukkan bahwa pelatihan efektif, dibuktikan dengan berbedanya hasil nilai rata-rata pretest dan posttest.

References

Chana, P., Siripipatthanakul, S., Nurittamont, W., & Phayaphrom, B. (2021). Effect of the service marketing mix (7Ps) on patient satisfaction for clinic services in Thailand. International Journal of Business, Marketing and Communication, 1(2)(13), 1–15. Retrieved from https://ssrn.com/abstract=3944080

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. https://doi.org/10.2307/1250781

Lestari, I. (2023). An Influence Of Service Quality And Cafe Atmosphere On Customer Interest To Return Visit Starbuck In Medan City. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1577–1581. Retrieved from http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi

Mensah, B. A., Achio, S., & Asare, I. O. (2021). Effect of service quality on customer satisfaction in selected cafeterias: A Structural Equation Modelling Approach. International Journal of Tourism and Hospitality Management in the Digital Age, 5(2), 1–16. https://doi.org/10.4018/ijthmda.2021070101

Murti, N. P. M. A., Primadona, I. A. L., Anggraini, N. P. N., Kepramareni, P., & Rustiarini, N. W. (2024). Penerapan Service Excellence dalam pelayanan pada LPD Desa Adat Kukuh. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 104–110.

Mutia, M., & Pujiyanto. (2022). Literature review: Application of the 7P Mix Marketing on Patient Satisfaction at Hospitals. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11677–11686.

Nirawati, I., & Hasoloan, J. (2024). The effect of marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence) on customer loyalty of Nasi Jamblang Bu Nur Cirebon. Greenation International Journal of Economics and Accounting (GIJEA), 2(1), 30–36.

Putri, S. W. D. G., & Nilowardono, S. (2021). The influence of brand image, service quality, and social media marketing on purchase decision at Restaurant Navy Seals Surabaya. Quantitative Economics and Management Studies, 2(4), 251–260.

Siregar, B. P. (2021). Survei: 80% UMKM alami penurunan pendapatan selama pandemi (Survey: 80% of MSMEs experienced a decrease in income during the pandemic). Wartaekonomi. Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read323973/survei-80-umkm-alami-penurunan-pendapatan-selama-pandemi

Tanjung, I. (2021). Analysis of the effect of marketing mix 7P on purchase decisions at Sentra Snack Stores. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(2), 125–133. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i2.2421

WHO. (2020). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. Retrieved December 1, 2020, from https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Face Press.

Downloads

Published

2025-07-24

How to Cite

Wirawan, C., Gozaly, J., Talar, Y., Hermawan, M., & Sandroto, I. V. (2025). Pelatihan Pengukuran Kepuasan Pelanggan Gerai Kantin Eureka Bandung dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Abdimas Mahakam, 9(02), 244–254. https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3340

Issue

Section

Articles