Pelatihan E-Commerce Produk Makanan Bandeng Duri Lunak
Keywords:
bandeng duri lunak; e-commerce; sosial media; produk makanan.Abstract
Kecamata Muara Badak khususnya Desa Muara Badak Ulu mempunyai potensi hasil laut yang sangat melimpah salah satunya adalah ikan Bandeng dan Tembang yang banyak kita jumpai. Dimana hasil laut tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat yang selama ini hanya di jual di pasar atau pengepul. Oleh karena itu, sangat di sayangkan apabila ikan bandeng dan tembang tersebut tidak dikembangkan kemanfaatannya menajdi produk makanan olahan, agar potensi tersebut menjaid peluang bagi masyarakat Desa Muara Badak Ulu sebagai lapangan pekerjaan yang mandiri dan kreatif. Tujuan Pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan ketrampilan, baik mengenahi Teknik packaging maupun proses produksi secara mandiri, promosi dan pemasaran secara digital. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah, demontrasi, bimbingan dan evaluasi. Sebagai tahap awal dimana hasil pelatihan tahap awal adalah sudah cukup memuaskan yang mana dari hasil desain packaging yang kami lakukan sudah mampu membentuk brand serta diterima dipasaran. Potensi ‘Bandeng Duri Lunak ‘Desa Muara Badak Ulu perlu ditumbuh kembangkan menjadi produk makanan, yang akan menjadi produk unggulan daerah di Kalimantan Timur khususnya di Desa Muara Badak Ulu. Besar harapan ini tentunya sangat beralasan karena kekayan sumber daya peraian dan sumber daya manusia yang mumpuni, dimana produk makanan ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan di Desa Muara Badak Ulu serta mampu menembus pasar nasional.
References
BADAK, B. D. P. K. M., & KARTANEGARA, K. K. ANALISIS MORFOMETRIK BELANGKAS (HORSESHOE CRAB) DARI HASIL TANGKAPAN.
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
Elfindri, E. (2011). Beberapa Teknik Monitoring dan Evaluasi (MONEV). Jurnal Kesehatan Komunitas, 1(3), 106-128.
Hartanto, S., Yuwono, E. C., & Soewito, B. M. (2015). Perancangan Desain Kemasan Produk Homemade Pie” 391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 13.
Medah, M. (2009). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Partner, 16(1), 74-81.
Mubarat, H., & Patriansyah, M. (2020). Pelatihan Kerajinan Bambu di Desa Keluru Kabupaten Kerinci menuju Industri Kreatif. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(02), 217-226.
Sulistianto, E. (2016). Potensi Ekonomi Pengembangan Usaha Budidaya Tambak Udang Windu di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Harpodon Borneo, 9(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.