Penguatan Profesionalitas Guru PAUD di Sekitar Wilayah Ibu Kota Negara Kabupaten Penajam Paser Utara melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah

Authors

  • Nur Kholik Afandi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Iswadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Farah Azizah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3330

Keywords:

Karya Ilmiah, Kompetensi Guru, Ibu Kota Negara

Abstract

Pemindahan ibu kota negeri merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan akses pendidikan yang berkualitas. Salah satu lembaga pendidikan yang harus mendapat perhatian secara khusus adalah lembaga pendidikan anak usia dini. Lembaga ini memiliki peran penting dalam menempatkan nilai-nilai dasar karakter peserta didik. Oleh karena itu, guru Pendidikan Anak Usia Dini harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas. Dinamika di lapangan menujukkan bahwa sebagian besar guru belum memahami pentingnya karya ilmiah untuk mendukung kompetensi diri, rendahnya motivasi dan belum memiliki kemampuan untuk menulis karya ilmiah. Maka perlunya kegiatan pendampingan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. melalui pendampingan penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Parsipatif. Metode pendampingan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan praktik. Hasil pendampingan menunjukkan para peserta memahami pentingnya karya ilmiah, memiliki motivasi yang tinggi untuk menulis karya ilmiah. Peserta mampu menulis dan mengirimkan artikel.

References

Anwar, Syamsul, M. Arif Budiman S, R. Samidi, and Fitriyanto Fitriyanto. 2023. “National Journal Articles Writing for Teachers of Early Childhood Education (PAUD) In Tegal City.” ASEAN Journal of Empowering Community 1(2):124–29. doi: 10.24905/ajecom/vol1issue2.17.

Ayyubi, Manggala, Indra Perwira, and Ali Abdurrahman. 2023. “The Juridical Impact of the Implementation of the Paradigm Regarding the Determination of the National Capital (IKN) of the Archipelago as an Asymmetric Region.” JOELS: Journal of Election and Leadership 4(2):140–58. doi: 10.31849/joels.v4i2.16298.

F. FERNANDEZ, Dr. SANNY, ANH QUANG NGUYEN, ARSLAN ASAD CHAUDHARY, and Dr. JUHI BODKHEY. 2024. PEDAGOGY AND PRACTICE. AMKCORP RESEARCH TECHNOLOGIES PRIVATE LIMITED.

Fadlia, Fadlia, Prima Nucifera, Evi Zulida, Fiza Rauzika Altasa, Surya Asra, and Rahmiati Rahmiati. 2022. “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Academic Writing Untuk Calon Guru Berprestasi.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 5(3):270–75.

Faishol, Riza, Fathi Hidayah, Anis Fauzi, Imam Mashuri, Nasrodin, and M. Mutamakin. 2024. “Penguatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Desain Pembelajaran Dan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Kurikulum Merdeka.” Ngabekti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):101–14. doi: 10.32478/k87kj684.

Hariati, Hariati, and Annisa Saskia Saputri. 2022. “Best Practice Kebijakan Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Di Kalimantan Timur, Indonesia.” Journal of Government and Politics (JGOP) 4(1):16–28.

Nurhasanah, Farida, Budi Usodo, Henny Ekana Chrisnawati, Yemi Kuswardi, Sutopo Sutopo, and Eni Puji Rahayu. 2022. “Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis STEAM Bagi Guru Dan Siswa MTS Negeri 2 Surakarta.” DEDIKASI: Community Service Reports 5(1).

Nurmahmuda, Fitri, and Annisa Qomariah. 2022. “KESIAPAN INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN KOTA SAMARINDA MENJADI DAERAH PENYANGGA (HINTERLAND) KALIMANTAN TIMUR SEBAGAI CALON IBUKOTA NEGARA: READINESS OF EDUCATION INFRASTRUCTURE IN THE CITY OF SAMARINDA TO BECOME A SUPPORT AREA (HINTERLAND) EAST KALIMANTAN AS A.” Sistema: Jurnal Pendidikan 3(1):27–33.

Prastiwi, Lustina Fajar, Hadi Sumarsono, Imam Mukhlis, and Annisya’ Annisya’. 2022. “Training of Scholarly Article Writing Using Quantitative Methods for Teacher Competency Development.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 7(4):824–34. doi: 10.26905/abdimas.v7i4.7737.

Rachmawati, Ika, and Anna Widayani. 2022. “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 7(2):510–22.

Richter, Johanna. 2016. “Research Design: Participatory Action Research (PAR).” Pp. 107–15 in Human Rights Education Through Ciné Débat. Wiesbaden: Springer Fachmedien Wiesbaden.

Rosidin, Undang, Neni Hasnunidah, Eko Suyanto, and Santy Setiawati. 2023. “Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Se-Provinsi Lampung.” Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):46–51. doi: 10.23960/rp/v3i2.hal.46-51.

Samsilayurni, Samsilayurni, Mediarita Agustina, Nurlena Nurlena, and Sri Utami. 2024. “Scientific Writing Training to Improve Professionalism Teacher at Vocational High School.” Aktual: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):49–54. doi: 10.58723/aktual.v2i1.150.

Sonawalkar, Jayant, and Chandan Maheshkar. 2017. “Pedagogical Competence for Effective Teaching in Management Education.” Journal of Management Research and Analysis 4(4):137–42. doi: 10.18231/2394-2770.2017.0022.

Suban, Alwan, and Ilham Ilham. 2023. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 7(1):123–33. doi: 10.24252/idaarah.v7i1.36359.

Sudarjat, Ajat, Uyung Yuliza, M. Amin, Sri Lestari, and Ahmad Yani. n.d. “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Di Kota Singkawang.”

Supriyadi. 2023. “Teacher Professional Development Through Writing Scientific Papers.” 693–99. doi: 10.2991/978-2-494069-35-0_86.

Widarti, H. R., Habiddin, N. C. E. Setyawan, Parlan, A. B. Syafruddin, A. Ardyansyah, and D. A. Rokhim. 2022. “Development Website of Planning, Writing, and Publication of Scientific Articles Based on Classroom Action Research (CAR) to Increase Teacher’s Pedagogical Competence.” Improving Assessment and Evaluation Strategies on Online Learning 37–43. doi: 10.1201/9781003261346-6.

Wijaya, Candra, Lusinta Rehna Ginting, Juli Iswanto, Melly Nadia, and Arief Aulia Rahman. 2023. “Improving the Quality of Education by Developing the Social Competency of Teachers.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15(3):3666–74. doi: 10.35445/alishlah.v15i3.1564.

Winarno, Siswa, and Slamet Untung. 2024. “Strategi Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Agama Islam Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa.” Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 4(2):1006–19.

Yusra, Kamaludin, Yuni Budi Lestari, and Ni Wayan Mira Susanti. 2021. “Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Bahasa Inggris Di Kabupaten BIMA.” Prosiding PEPADU 3:225–34.

Downloads

Published

2025-07-24

How to Cite

Afandi, N. K., Iswadi, M., & Azizah, F. (2025). Penguatan Profesionalitas Guru PAUD di Sekitar Wilayah Ibu Kota Negara Kabupaten Penajam Paser Utara melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Abdimas Mahakam, 9(02), 281–293. https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3330

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.