Penyuluhan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Desa Kampung Sambakungan di Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau

Authors

  • Yesi Aprianti Universitas Mulawarman
  • Singka Hana Berlyn Universitas Mulawarman
  • Upi Fathimah Az Zahra Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1157

Keywords:

peningkatan SDM; kampung Sambakungan; aparatur desa

Abstract

Penyelenggara pemerintahan tepatnya pada Kantor Kepala Kampung Sambakungan Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau mengharapkan kemampuan kerja, pencapaian prestasi maupun tingkat produktivitas yang tinggi dari masing-masing aparaturnya. Solusi yang ditawarkan dari permasalahan tersebut adalah penyuluhan berdasarkan teori-teori sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setelah melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan aparatur Kampung Sambakungan, melalui Penyelenggaraan kegiatan KKN Universitas Mulawarman, mahaiswa memberikan penyuluhan kepada aparatur di Kantor Kepala Kampung Sambakungan Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau dengan target meningkatkan pengetahuan bagi aparatur Kampung Sambakungan sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM aparatur dalam menjalankan pemerintahan desa. Terbentuknya aparatur pemerintah desa di Kampung Sambakungan yang berkualitas, dapat secara mandiri melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sesuai tata pemerintahan yang berlaku dalam pelayanan kepada masyarakat. Selain itu menumbuhkan wawasan pengetahuan SDM aparatur Kampung Sambakungan sehingga menghasilkan cara berpikir, bersikap, bertindak dan pada akhirnya berperan aktif dalam pembangunan pengembangan Kampung Sambakungan. Hal ini juga diharapkan memberikan kontribusi dengan tujuan yang hendak dicapai Desa Tangguh Penyangga IKN.

References

Dwiyandana, Dani. 2017. “Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Desa Cibaliung Melalui KUM-ITT Universitas Trisakti Di Pandeglang Banten.” JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2(1):1–12.
Mangkunegara, Anwar Prabu, and Rela Agustine. 2016. “Effect of Training, Motivation and Work Environment on Physicians’ Performance.” Academic Journal of Interdisciplinary Studies 5(1):173.
Matondang, Armansyah. 2015. “Pembinaan Aparatur Pemerintahan Dalam Pelaksanaan Tugas Di Bagian Umum Sekretariat Kantor Bupati.” JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 3(2):160–74.
Ndraha, Taliziduhu. 1999. “Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Rineka Cipta, Jakarta.
Peraturan Pemerintah No. 1. 2000. “Tentang Diklat Jabatan Aparatur Sipil Negara.”
Peraturatn Pemerintah No. 101. 2000. “Tentang Pendidikan Dan Pelatihan Jabatan Aparatur Sipil Negara,.”
Sugeng, S. S., and Dwi DA Atmoko. 2020. “Strategi Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Hukum Melalui Skema Sertifikasi Profesi.”
Undang-undang RI. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang RI. 2014. No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Werther, William. n.d. “B. Jr., Dan Keith Davis.(1996).” Human Resources and Personnel Management. New York: McGraw-Hill Publication, Inc.

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Aprianti, Y. ., Berlyn, S. H. ., & Az Zahra, U. F. . (2022). Penyuluhan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Desa Kampung Sambakungan di Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau. Jurnal Abdimas Mahakam, 6(01), 96–103. https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1157

Issue

Section

Articles