PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNA, ULASAN KONSUMEN DARING DAN PERINGKAT KONSUMEN DARING DENGAN MEDIASI KETERIKATAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE
Keywords:
kemudahan pengguna, ulasan konsumen daring, peringkat konsumen daring, keterikatan pelanggan, keputusan pembelianAbstract
Metode yangdigunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan purposive sampling yaitu metode pengumpulan kuesioner yang diukur dengan sekala likert terhadap 100 orang responden yang telah memenuhi kriteria, teknik analisis data yang digunkan adalah analisis regresi linier berganda dan menggunakan program SPSS versi 22 untuk mengetahui pengaruh masing- masing variabel serta menggunakan sobel test untuk mengetahui pengaruh antar variabel mediasi.
Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa kemudahan pengguna dan peringkat konsumen daring berpengaruh dan signifikan terhadap keterikatan pelanggan dan terhadap keputusan pembelian sedangkan ulasan konsumen daring berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keterikatan pelanggan dan terhadap keputusan pembelian. Kemudahan pengguna, ulasan konsumen daring dan peringkat konsumen daring secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Keterikatan pelanggan berhasil memediasi ulasan konsumen daring dan peringkat konsumen daring terhadap keputusan pembelian konsumen sedangkan keterikatan pelanggan tidak berhasil memediasi kemudahan pengguna terhadap keputusan pembelian konsumen.
References
Aaker, D. (1994). Building a brand: The Saturn Story. California Management Review, 36(2),pp.
Abdullah, Thamrindan Francis Tantri. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada (Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Andi Supangat. (2018). Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Andi Supangat, (2007), Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensial, dan Nonparametik, Edisi Pertama, Jakarta : Kencana
Anggraeni, P., dan Madiawati, P.N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs www.Traveloka.com, EProceeding of Management, Vol. 3, No. 2.
Auliya, Z, F. Moh, R, K, U. & Septi.K.P. (2017). Ulasan konsumen daring (OTRs) dan Rating: Kekuatan Baru pada Pemasaran Online Indonesia Ulasan konsumen daring (OTRs) dan Rating New Era in Indonesia Online Marketing, Ebank, Jurnal Bisnis Manajemen, Vol.8 , No.1 : 25-33.
Barron, Rueben M and Kenny, David A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction In Social Psychological Research: conceptual, Strategic, And Statistical Considerations. Journal Of Personality And Social Psychology. 51 (6): 1173-1182.
Basu dan Hani. (2004). Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen, Edisi Ketiga, Yogyakarta : Liberty.
Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology, MIS Quarterly, 13(2), 318–340.
Dioconde, M. (2017). The UX honeycomb checklist: 6 steps to ensure your product has value. Tersedia di https://www.;inkedin.com/pulse/ux- honeycomb-checlist-6-steps-ensure- your- product-has-dioconde/ . [diakses pada Rabu, 12 April 2023]
Dzulqarnain, Iskandar. (2019). Pengaruh Fitur Ulasan konsumen darings terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik Universitas Jember.
Ferdinand, Augusty. (2006). “Metode Penelitian Manajemen”. Badan Penerbitan Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan ProgramIBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali Imam, (2013).Aplikasi Analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21. Penerbit Badan penerbit Universitas Diponogoro
Gumelar, Brian (2016): Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah ( Studi kasus pada mahasiswi S1 Universitas Negeri Yogyakarta ). “Thesis” (S1).Fakultas Ekonomi.
Hasan, dkk. (2022). Digital Marketing ( Tinjauan Konseptual ). Padang : PT. Global Eksekutif Teknologi.
Howladar, M.H.R, (2012). Developing Online Shopping Intention among People: Bangladesh Perspective, (Artikel)Vol. 2
Ilmiyah, Khafidatul dan Krishernawan. (2022). Pengaruh ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Jurnal Manajemen. Vol 6 No1 Juni 2022. Hal (31-42)
Istiqomah, M. Novi,M. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Peringkat konsumen daring terhadap keputusan pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen 12(2),288-298
Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press)
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Group
Jugiyanto, H. (2009). Sistem teknologi informasi. Sistem Teknologi Informasi
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13.Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip and Garry Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2011). Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall. Kotler & Keller (2012). The scope of markets, General Equilibrium Theory. doi:
1017/cbo9781139174749.022.
Lackermair, Georg, et al (2013). Importance Of Online Produk Reviews From a Consumer’s
Perspective, Advances in Economics and business Vol.31, hal.356-366
Mita, Pramatasari dan Kristia. (2021). Pengaruh Harga, Kemudahan Pengguna, dan Ulasan konsumen daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Vol 04
No 04 September 2021
Mutiara, Cindy. (2022). Situs E-commerce Dengan Kunjugan Terbanyak Di Indonesia
(Agustus 2022). Databoks. Selasa 20 September 2022
Morville,P.(2004).User Experience Design. Tersedia di
https://semanticstudios.com/user_experie nce_design/ . [ diakses pada Rabu, 12 April
Pahlevi, Reza. (2022). Penetrasi Internet Di Indonesia (2018-2022). Databoks. Jumaat
Juni 2022.
Parasuraman, A, Zeithaml, V.A. and Malhotra, A. (2005).E-S-Qual: A Multiple-Item Scale For
Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, Vol. 7 No. 3, pp.
-233.
Sari, Fauzi Purnama. (2021). Pengaruh Ulasan konsumen daring dan Peringkat
konsumen daring Terhadap Keputusan Pembelian Online Di E-Commerce Pada
Mahasiswa UMSU. Agustus 2021
Sangadi,Sopiah.(2013).Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV.
Andi Offset.
So, K. K. F., King, C., & Sparks, B. (2014). Customer Engagement with tourism brands: Scale
development and validation. Journal of Hospitality & Tourism Research, 38(3), 304-
Sudjarwo dan Basrowi. (2009). Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: CV.Mandar Maju Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta, CV. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung.Alfebeta. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung. Alfabete
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.CV
Wesolko, D. (2016). Peter Morville’s User Experience Honeycomb. Tersedia di https://medium.com/@danewesolko/peter-morvilles-user-experience-honeycomb 904c383b6886 .[ diakses pada Rabu, 12April 2023]
Wibowo, Lili Adi, dan Donni Juni Prianksa. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung. AlfaBeta.
Wijoyo, Hadion, et.al. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Globalisasi. Pruwokerto Selatan: CV. Pena Persada.
Willems, Hans. 2011. Transitioning Into a Bluconomy White Paper Customer Driven Online Engangement.
Yudaruddin, Rizky (2014). Statistik Ekonomi : Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20: Interpena. Yogyakarta.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J. and Gremler, D. D. (2009). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 5th edition. New York: McGraw-Hill