ANALISIS PROGRAM KEPUASAN PELANGGAN PADA EKSPEDISI JNE DI KOTA SAMARINDA

Authors

  • Muh. Hisyam Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Erni Setiawati
  • Darlan

Keywords:

Kualitas Jasa, Relationship Marketing, Promosi, Penanganan Komplain, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Abstract

The goal of this study was to ascertain how JNE Customer Satisfaction in Samarinda City was affected by Service Quality, Relationship Marketing, Promotion, and Complaint Handling. A sample of 120 respondents was chosen using a quantitative technique and side randomization in this investigation. strategies for gathering data using a questionnaire with Likert scale ratings. The application SPSS version 22 is being used to do Regression Analysis utilizing the Causal Step approach.

The study's findings show that Service Quality has a positive and significant impact on customer satisfaction, Relationship Marketing has a negligible impact, Promotion has a positive and significant impact, Complaint Handling has a positive and significant impact, and Service Quality, Relationship Marketing, Promotion, and Complaint Handling have a positive and significant effect simultaneously.

Keywords: Service Quality, Relationship Marketing, Promotion, Complaint Handling, Customer Satisfaction

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Jasa, Relationship Marketing, Promosi dan Penanganan Komplain terhadap Kepuasan Pelanggan JNE di Kota Samarinda. Metode dalam penelitian  ini adalah metode kuantitatif dan metode random samping sebagai metode pemilihan sampel yang berjumlah 120 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi dengan metode Kausal Step menggunakan program SPSS versi 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Relationship Marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Penanganan Komplain berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Jasa, Relationship Marketing, Promosi dan Penanganan Komplain berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kata Kunci: Kualitas Jasa, Relationship Marketing, Promosi, Penanganan Komplain, Kepuasan Pelanggan

 

References

Ferdinand, Augusty. (2006). “Metode Penelitian Manajemen”. Badan Penerbitan Universitas Diponegoro. Semarang.

Jayanti, Kurnia Firmanda dkk. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang JNE Di Besuki. Jurnal Ekonomi. Vol. 18. No. 1. Hal. 182-191.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. PT INDEKS. Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed). Pearson Prestice Hall. New Jersey.

Nurbakty, Rezky dkk. (2022). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT JNE Express Cabang Makassar. Jurnal Kewirausahaan. Vol. 8. No. 3. Hal 234-241.

Santoso, Arif Kurniawan dkk. (2021). Pengaruh Web Trace and Tracking, Logistic Service Quality dan Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Layanan JNE Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. Vol. 10. No. 5. Hal. 1-12.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Edisi Ke-3. Alfabeta. Bandung.

Tjahyadi, Rully Arlan. (2006). Membangun Hubungan Jangka Panjang Pelanggan melalui Relationship Marketing. Jurnal Manajemen Maranatha (Jmm). Vol. 5. No. 2. Hal. 6.

Tjiptono, Fandy. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – prinsip, penerapan, penelitian. Edisi Ke-1.Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Muh. Hisyam, Setiawati, E., & Darlan. (2023). ANALISIS PROGRAM KEPUASAN PELANGGAN PADA EKSPEDISI JNE DI KOTA SAMARINDA. OBOR: Oikonomia Borneo, 5(1), 133–150. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/oikonomia/article/view/2102

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2