PENGARUH KUALITAS PRODUK LABEL HALAL DAN POTONGAN HARGA PRODUK KOSMETIK ORIFLAME TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.24903/obor.v3i2.1831Keywords:
Product Quality; Halal Labels; Discounts; Buying InterestAbstract
The purpose of this study was to determine the effect and relationship of product quality, halal labels and discounts on Oriflame cosmetic products on the buying interest of the people of Samarinda. This research method is descriptive quantitative with Multiple Linear Regression analysis, and uses statistical analysis tools with the help of SPSS version 26 computer program to determine the effect and relationship of each variable. From the results of the analysis, it is known that the correlation coefficient between product quality, halal labels and price discounts has a strong relationship of 0.730. The results of statistical tests state that jointly product quality, halal labels and price discounts affect buying interest with a Ftable value of 30.860 > 2.72 and a significant value of 0.000 < 0.05. The results of this study indicate that 1) Product quality has a significant effect on buying interest; 2) Halal label has no significant effect on buying interest; 3) Price discounts have no significant effect on buying interest
References
Abbas, M. A. Y., & Firdaus, R. R. PENGARUH MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY OVO DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE SAMARINDA
Abbas, M. A. Y., & Larasati, L. (2022). Effectiveness Use of Working Capital During The Covid-19 Pandemic at PT. Mitra Adiperkasa Tbk. Jurnal Mantik, 5(4), 2425-2429.
Adinugraha, Hendri Hermawan; Isthika, Wikan; Sartika , Mila. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. Jurnal Perisai, 1(3), 180-195.
Alim, Shilachul Alfinul; Mawardi, M. Khalid; Bafadhal, Aniesa Samira. (2018). PengaruhPersepsi Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim (Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis,62(1), 127-134.
Aprianti, D. I. (2017). Pendampingan Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah Tiara Dezzy. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(1), 1-71.
Aprianti, D. I. PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA KOSMETIK MAYBELLINE DI SAMARINDA.
Aprianti, D. I., & Reonald, N. IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY THE BODY SHOP INDONESIA SEBAGAI STRATEGI PASAR.
Aprianti, D. I., & Yulidar, M. A. Implementasi Analisa Jabatan Pada Tenaga Kependidikan Di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.
Aprianti, D. I., Reonald, N., & Daru, R. S. N. (2022, April). Destination Image Of People’s Republic Of China. In Conference on Economic and Business Innovation (CEBI) (pp. 2147-2156).
Aryani, Dwi; Rosinta, Febrina;. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17(2), 114-126.
Asman, R. D., & Rosmayani. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Memdapatkan Dana Pinjaman Modal Usaha Pada Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) Di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Valuta, 3(1), 40-78.
Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Buntu, O. F. S., Abbas, M. A. Y., & Riyanto, A. PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020.
Chairuddin, S., Riadi, S. S., & Hariyadi, S. S.(2015). Antecedent Work Engagement and Organizational Commitment to Increase the Outsourcing Employees Performance in Department of Cleanliness and Horticultural. European Journal of Business and Management, 7(14), 1-14.
Dachlan, R. S. (2022). Financial Distress Analysis Of Hotel Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Mantik, 6(2), 1829-1836.
Dachlan, R. S., & Reksa, R. R. ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIANDAN PENGUPAHAN PADA KOPERASI TKBM KARYA KALTIM BONTANG.
Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1), 155-163.
Effendy, A. Y., & Kunto, Y. S. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-8.
Firmansyah, M. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Gerung, Christy Jacklin; Sepang, Jantje; Loindong, Sjendry. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 2221-2229.
Ghristian, I. D. (2016). Pengaruh Harga Diskon, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Iklan Terhadap Minat Beli Celana Jeans Levi’s Di Surabaya.Jurnal of Business and Banking, 5(2), 319-336.
Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.
Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.
Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner.Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100-114.
Khasanah, R. N., Wahab, Z., & Nailis, W. (2014). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Palembang).Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, XI(2), 133-150.
Koran Sindo, J. (2018, 7 Jum'at). Industri Kosmetik Tumbuh 7,36%, Begini Imbasnya ke Perusahaan. Retrieved Agustus Kamis, 2019, from Okezone.com: https://economy.okezone.com/read/2018/07/20/320/1924969/industri-kosmetik-tumbuh-7-36-begini-imbasnya-ke-perusahaan
Lyan, M. R., Yulidar, M. A., & Syafariansyah, R. ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. METRODATA ELECTRONICS TBK.
Mardiono, M., & Safitri, O. A. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICE CHARGE, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PRINCIPAL PERUM JAMKRINDO CABANG SAMARINDA.
Mayasari, N. (2007). Mom's Guide : Memilih Makanan Halal. Jakarta: Qultum Media.
Montjai, O., Tewal, B., & Lengkong, V. (2014). Motivasi, Sikap dan Minat Beli Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Manado. Jurnal EMBA, 2(4), 35-45.
Noviyarto, H. (2010). Pengaruh Perilaku Konsumen Mobile Internet Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta.Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 1(2), 107-129.
Nugraha J, S. (2004). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurfitriana, S., & Iriani, F. (n.d.). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Pengaruhnya Pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah.Sebatik, 56-63.
Orlin, G. P. (2016, Februari Kamis). Halal-Haram Produk Oriflame. Retrieved Agustus Kamis, 2019, from Facebook.com: https://www.facebook.com/notes/garnis-puspita-orlin/halal-haram-produk-oriflame/10207051187372459/
Prabarini, A., Heryanto, B., & Astuti, P. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan PembelianKonsumenProduk Kecantikan Wardah I Toserba Borobudur Kediri.JIMEK, 1(2), 259-270.
Putra, N. I., Pangestuti, E., & Devita, L. D. (2018). Pengaruh Diskon Dan Pemberian Hadiah Terhadap Pembelian Impulsif Pada Fashion Retail (Survei Online pada Konsumen Matahari Department Store di Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(4), 1-9.
Rachim, R., & ZULKIFLI, Z. The Influence of Service Quality and Brand Image on Customer Satisfaction (Case Study at Bankaltimtara).
Raharjo, R. M., & Mulyanto, H. (2018), Kualitas Produk, Citra Merek Dan Minat Beli Konsumen Keripik Singkong. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 15(01), 109-120.
Rahmatiah, S. A., Abbas, M. A. Y., & Pardede, P. P. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PASER TAHUN 2020.
Reonald, N. (2016). Pengaruh reputasi perusahaan rental dan relationship value terhadap kepercayaan dan komitmen serta loyalitas perusahaan pengguna jasa persewaan kendaraan di provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomika, 5(2), 90-104.
Rini, A. S. (2018, Desember Senin). Industri Kosmetik Diproyeksi Naik 7%-9% pada 2019. Retrieved Agustus Sabtu, 2019, from Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20181210/257/868192/industri-kosmetik-diproyeksi-naik-7-9-pada-2019
Riyono; Budiharja, Gigih Erlik. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, 8(2), 92-121.
Rizky NST, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan.Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(02), 135-143.
Rohmah, S., Abbas, M. A. Y., & Hibatullah, M. F. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020.
Sari, N. P., & Widowati PA, R. (2014). Hubungan Antara Kesadaran Merek, Kualitas Persepsian, Kepercayaan Merek dan Minat Beli Produk Hijau. Jurnal Manajemen & Bisnis, 5(1), 59-79.
Setiawati, E., Syafariansyah, R., Furiawan, L., Setiani, K., & Nirwany, H. (2019). ANALISIS MULTIPLIER EFFECT PAJAK, INVESTASI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Ekonomika.
Studio, M. (2015, Agustus),Sertifikat Halal Oriflame, Retrieved Agustus Kamis, 2019, from Blogspot.com: https://winners-network.com/oriflame/sertifikat-halal-oriflame/
Suyanto, S. S., Hariyadi, S., & Suharto, R. B. (2021). Factors Affecting Work Stress And Performance With Compensation Moderation In Working Load Relationships On The Performance Of Private Teachers In East Kalimantan. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(1), 2398-2411.
Suyanto, Y., & Rasyid, M. K. N. ANTESEDEN STRES KERJA PADA DOSEN SWASTA DI SAMARINDA.
Syafariansyah, R. (2016). ANALISIS REALISASI ANGGARAN BIAYA BAHAN BAKU PROYEK REHAB GEDUNG PLN TENGGARONG TAHUN 2015 PADA CV. RAJAWALI ADI PUTRA.
Tambunan, Y. S., & Sari, M. K. (2020). Pengaruh Pemberian Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Dagang Wira Jayasibolga. Jurnal Aksara Public, 4(3), 134-146.
Tarigan, Eka Dewi Setia. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3(1), 47-61.
Umar, H. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Usman, Y., J. Sondakh, J., & Kalalo, M. Y. (2019). Analisis Penerapan Potongan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manado Selatan. Jurnal EMBA, 7(3), 4465-4474.
Utami, R. P., & Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan. Jurnal Niagawan, 6(2), 1-10.
Wahyuti, S., & Rini, E. S. U. ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT. AGUNG PODOMORO LAND Tbk.
Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA, 1(4), 607-618.
Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12
Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12.
Zulkifli, Z., & Solot, M. G. (2019). Pengaruh Customer Offline dan Customer Online Terhadap Penjualan Pada Toko 3 Second Plaza Mulia Samarinda. J. Ekon. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank. Syari’ah, 7(1), 43.