Journal History

HISTORICAL JOURNAL OF KESMAS UWIGAMA.

JOURNAL KESMAS UWIGAMA: Jurnal Kesehatan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Widya Gama Mahakam dengan ISSN Cetak 2460-0350 dan Elektronik ISSN 2477-5819 yang terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

Journal  KESMAS UWIGAMA: Jurnal Kesehatan Masyarakat  menerima karya tulis ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan fokus dan ruang lingkup; Administrasi Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Pendidikan dan Promosi Kesehatan, Epidemiologi, Manajemen Rumah Sakit, Biostatistik Kesehatan, Kesehatan Masyarakat Gizi dan Kesehatan Reproduksi.

Journal ini pertama terbit pada Tahun 2015-06-22 Volume.1 No. 1 (2015): June dengan kondisi belum terakreditasi, dan pada tahun 2020 baru di ajukan akreditasi dan mendapat status Akreditasi Sinta 4 dengan indexasi tercantum diatas.

Journal Elektronik KESMAS UWIGAMA, merupakan jurnal yang dibangun menggunakan aplikasi berbasis website pada sistem aplikasi opensources web database yang bernama Sistem Jurnal Terbuka/Open Jornal Sistem (OJS) Versi 2 pada awal di bangun dan pada saat ini telah di Upgrade pada OJS Versi 3.1.2.4, yang merupakan perangkat lunak manajemen dan penerbitan jurnal sumber terbuka yang dikembangkan, didukung, dan didistribusikan secara bebas oleh Public Knowledge Project under the GNU General Public License.

Journal tersebut dalam perjalanannya sampai saat ini banyak sekali mengalami kendala dalam pengelolaan manajemen jurnal yang tidak normal, hal ini dikarenakan bahwa database server peletakan database installer journal terpusat dan terkoordinir oleh dan menyatu pada Server Hosting Website institusi Universitas widya gama mahakam, serta manajemen teknis yang tidak terduga pada pengelola di Tim IT yang tidak tetap dan berganti-ganti mengakibatkan ketidak konsistenan dalam pengelolaan database server, sehingga permasalaahn teknis muncul. pada tahun 2017 OJS UWGM terserang Virus Injex data webhosting sehingga jurnal terpaksa di reparasi kembalisampai dengan 2018, pada Tahun 2021-2022 Ganjil OJS Down di akibatkan pengelola server website yang mengundurkan diri sehingga terjadi kekosongan dan kekurangan sumberdaya untuk mengontrol dan maintenence Server dan server dilakukan perpindahan sehingga terjadi kerusakan database yang banyak tidak dapat di pulihkan, dalam hal ini Volume terbitan atau publikasi banyak artikel yang hilang termasuk jurnal KESMAS UWIGAMA yang merupakan salah satu dari 7 Journal milik UWIGAMA. Data Publikasi jurnal pada 7 jurnal tersebut mulai dari Terbitan Nomor 2 Tahun 2020 sampai dengan nomor 2 Tahun 2021 atau terdapat 3 nomor terbitan jurnal di UWGM yang Hilang, dengan demikian terbitan pada tahun dan nomor tersebut terpaksa di lakukan upload ulang oleh admin manajer journal tanpa melakukan manajemen smestinya, yang telah di lakukan sebelumnya. 

Demikian riwayat pengelolaan ini disampaikan, karena keterbatasan manajer pengelola harap dimaklumi, Dan disampaikan terimakasih.

Jika author merasa keberatan karena publikasi artikel sebelumnya, agar menghubungi pengelola jurnla KESMAS UWIGAMA.

 

Salam Hormat,

TTD

Tim Pengelola Jurnal KESMAS UWIGAMA.