Pembangunan Masyarakat Perbatasan di Desa Liang Turan Kecamatan Krayan Barat Kabupaten Nunukan

Authors

  • Eva Veronika Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Kasim Kasim Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Habibi Habibi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/fpb.v3i2.732

Keywords:

Pembangunan Infrastruktur, Sarana dan Prasarana, Masyarakat Perbatasan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti sejauh mana pembangunan infrastruktur di Desa Liang Turan Kecamatan Krayan Barat Kabupaten Nunukan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriftif kualitatif, dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman (2011). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembangunan infrastruktur di desa Liang Turan kurang baik, hal ini dikarenakan wilayahnya yang terisolasi. Akses jembatan yang menghubungkan antar kecamatan belum semuanya dapat dilalui oleh kendaraan roda 4. Akses jalanpun masih berupa jalan tanah yang apa bila terjadi hujan maka dipastikan kendaraan tidak akan bisa melewati akses jalan tersebut. Barang-barang kebutuhan untuk membangun prasarana kantor desa, gedung sekolah dan rumah ibadah sulit didatangkan, karena satu-satunya akses transportasi yang bisa digunakan adalah melalui transportasi udara dan itupun sangat terbatas. Sedangkan untuk mendatangkan bahan pembangunan dari Malaysia, juga membutuhkan waktu yang lama karena kondisi prasarana Jalan yang tidak baik yang mempengaruhi pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur di Desa Liang Turan Kecamatan Krayan Barat Kabupaten Nunukan.

Author Biographies

Eva Veronika, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Ilmu Administrasi Publik

Kasim Kasim, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Ilmu Administrasi Publik

Habibi Habibi, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Ilmu Administrasi Publik

References

Anonim, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2016 Tentang Pembangunan Dan Pengembangan Prasarana, Sarana, Dan Utilitas Umum Kawasan Transmigrasi.

Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015, Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2015 Tentang Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Darwin Purba, 2016, Menuju Indonesia Baru Jilid 1, Penerbit Guepedia, Jakarta.

Edi Suharto, 2014, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial), Penerbit Pt. Refika Aditama, Bandung.

Ester Kembauw, Lexy J. Sinau Dan Aphrodite M. Sahuwilane, 2015, Pembangunan Perekonomian Maluku, Penerbit Deeplubish, Yogyakarta.

Hanif Nurcholis, 2009, Perencanaan Partisipatif Daerah, Penerbit Grasindo, Jakarta. Haw Widjaja, 2005, Otonomi Desa, Penerbit Pt Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, 2011, Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

, Metode Penelitian Pendidikan, Penertbit Alfabeta, Bandung.

Suprihatiningsih, 2016, Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan, Penerbit Deeplubish, Yogyakarta.

Syahda Guruh Langkah Samudra, 2000, Menimbang Otonomi Vs Federal (Mengembangkan Wacana Federalismedan Otonomi Luas Menuju Masyarakat Madani Indonesia), Penerbit Pt Remaja Rosdakarya, Bandung.

Teguh Widodo, 2015, Pembangunan Endogen: Mengabaikan Peran Negara Dalam Pembangunan,

Penerbit Deeplubish, Yogyakarta

Usman Husaini Dan Akbar Purnomo Settiady, 2004, Metodologi Penelitian Sosial, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Zainul Fuad, Entatarina Simanjuntak Dan Hasna Widyaastuti, 2015, Strategi Pendayagunaan Badan Usaha Milik Pemerintah (Bumn Dan Bumd) Dalam Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum 2014, Penerbit Pusat Kajian Strategis Pekerjaan, Umum 2015, Jakarta

Http://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Geo 2017/12/04 ; 08.36 Pm

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Veronika, E., Kasim, K., & Habibi, H. (2018). Pembangunan Masyarakat Perbatasan di Desa Liang Turan Kecamatan Krayan Barat Kabupaten Nunukan. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 3(2), 34–43. https://doi.org/10.24903/fpb.v3i2.732

Issue

Section

Articles