Analisis Promosi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Di Kabupaten Pekalongan Tahun 2017

Authors

  • Dewi Mahanani Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Eko Atmojo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24903/fpb.v3i2.733

Keywords:

Promosi Terbuka, Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, dan Assesment Center

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu hal yang cukup penting karena SDM yang nantinya akan melaksanakan dan menyelesaikan beberapa hal terkait dengan pemerintahan. Dalam pelaksanaan itu sendiri tentu perlu adanya SDM yang profesional dan berkompeten agar dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan berintegritas. Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menjelaskan manajemen Aparatur Sipil Negara untuk mendapatkan pegawai yang profesional, dalam hal memenuhi apa yang sudah diatur di dalam peraturan tersebut maka Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam hal pengisian kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) dilakukan dengan promosi terbuka. Metode yang dilakukan Pemerintah dalam hal ini yaitu melalui seleksi administrasi, assesment center, seleksi bidang yang terdiri dari uji gagasan tertulis dan wawancara. Dengan adanya penjelasan mengenai sistem merit dan juga adanya promosi terbuka yang dilaksanakan, Pemerintah berharap adanya kesesuaian penempatan jabatan berdasarkan keahlian yang dimiliki dari ASN itu sendiri sesuai dengan kompetensi yang dilakukan.

Author Biographies

Dewi Mahanani, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ilmu Pemerintahan

Muhammad Eko Atmojo, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ilmu Pemerintahan

References

Atmojo,Muhammad Eko. 2016. Analisis Proses Promosi Jabatan Aparatur Sipil Negara Studi Kasus: Proses Promosi Jabatan Struktural Eselon II di Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014. Jurnal Aristo. Vol 4. No 2.

Jennar, Mahezha. (2016). Manajemen Kepegawaian Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Paradigma, Vol. 5 No.1, April.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber untuk Penelitian Kualitatif edisi kedua. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil

Nasution. M. Syarif. (2013). Lelang Jabatan Dalam Perspektif Kebijakan publik. http://sumut.kemenag.go.id (diakses pada tanggal 10 Oktober 2018)

Okezone News. 2017. Wabup di Sumbar Mutasi Pejabat saat Bupati Naik Haji, Kemendagri: ini kasus pertama di Indonesia. https://news.okezone.com (diakses pada tanggal 7 Oktober 2018)

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Mahanani, D., & Atmojo, M. E. (2018). Analisis Promosi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Di Kabupaten Pekalongan Tahun 2017. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 3(2), 44–55. https://doi.org/10.24903/fpb.v3i2.733

Issue

Section

Articles