ANALISIS KEPUASAN DALAM MENDENGARKAN SEGMEN PAKAR CINTA TANGSEL OLEH PODCAST SRUPUT NENDANG DI SPOTIFY SEBAGAI MOTIF PEMENUHAN KEBUTUHAN HIBURAN GENERASI Z DI SAMARINDA

Authors

  • Irma Yoshita Universitas Mulawarman
  • Hairunnisa Hairunnisa Universitas Mulawarman

Keywords:

podcast, generasi z, kebutuhan dan kepuasan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana segmen Pakar Cinta Tangsel oleh Sruput Nendang Podcast di Spotify menjadi motif pemenuhan kebutuhan hiburan Generasi Z di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dokumen, dan penelusuran data online. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden merasa puas dan terhibur dengan segmen Pakar Cinta Tangsel karya Sruput Nendang Podcast. Motif seperti bagaimana seseorang dapat menghabiskan waktu, bagaimana podcast dapat menjadi teman, podcast dapat memenuhi minat, podcast dapat menjadi alternatif pelarian, menjadi interaksi sosial dengan orang lain, mendapatkan relaksasi dan geli saat mendengarkan, serta mampu memilih konten media dan aplikasi yang akan digunakan untuk mendengarkan podcast Sruput Nendang.

References

Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. (2021, 26 Januari). Hasil Sensus Penduduk 2020. Retrieved from https://samarindakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/26/101/hasil-sensus- penduduk-2020

Daily Social. (2018). Laporan DailySocial: Penggunaan Layanan Podcast 2018. Retrieved from https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-penggunaan- layanan-podcast-2018. Diakses pada 10 Februari 2022

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1).

Hanifiandaru, S. A., & Pramonojati, T. A. (2021). Pengaruh Konten Media Podcast Di Spotify Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Hiburan Di Kalangan Remaja Kota Bandung. eProceedings of Management, 8(5).

Humaizi, M.A, (2018) Uses and Gratifications Theory. Medan: USU Press Jawapos.com. (2022). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia naik 45 juta setelah

pandemi. Retrieved from https://www.jawapos.com/oto-dan-

tekno/teknologi/10/06/2022/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-naik-45-juta-setelah pandemi/. Diakses pada 16 Juni 2022.

Katadata. (2021) Anak Muda Dominasi Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/10/anak- muda-dominasi-jumlah-pendengar-podcast-di-indonesiapendengar-podcast-di- indonesia-didominasi-anak-muda. Diakses pada 17 Januari 2022

Katadata. (2022) Memahami Karakteristik dan Ciri-ciri Generasi Z Retrieved from https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6226d6df12cfc/memahami-

karakteristik-dan-ciri-ciri-generasi-z. Diakses pada 21 Juni 2022

Kompas.com. (2021). Lahir di Era Digital, Ini Perbedaan Kebiasaan Gen Z dan Milenial Saat Terkoneksi Secara Digital. Retrieved from https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/15/171300220/lahir-di-era-digital- ini-perbedaan-kebiasaan-gen-z-dan-milenial-saat. Diakses pada 3 maret 2022

Lavircana, R. (2020). PENGGUNAAN PODCAST SEBAGAI MEDIA HIBURAN

DAN INFORMASI DI BANJARMASIN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Priyanti, I. M. (2021). MILENIAL DAN APLIKASI STREAMING MUSIK (STUDI FENOMENOLOGI PENGGUNAAN APLIKASI SPOTIFY DIKALANGAN MILENIAL).

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among makarti, 9(2).

Ramadhany, I. D. (2020). Peran Podcast sebagai Media Penyiaran Modern Berbasis Audio (Studi Kualitatif Pengguna Memilih Podcast sebagai Media Alternatif Hiburan) (Doctoral dissertation, Universtias Islam Kalimantan MAB).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif dan pola penggunaan media sosial Instagram di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 61-84.

Tasruddin, R., & Astrid, F. (2021). Efektivitas Industri Media Penyiaran Modern “Podcast” di Era New Media. Al-MUNZIR, 14(2), 211-230.

Werang, Basilius Redan. 2015. Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta : Calpulis

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Yoshita, I., & Hairunnisa, H. (2023). ANALISIS KEPUASAN DALAM MENDENGARKAN SEGMEN PAKAR CINTA TANGSEL OLEH PODCAST SRUPUT NENDANG DI SPOTIFY SEBAGAI MOTIF PEMENUHAN KEBUTUHAN HIBURAN GENERASI Z DI SAMARINDA. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 24–37. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2661

Issue

Section

Articles