Different Types of Organic Fertilizer Application and Dosage on Growth Seeds Lai Mahakam (D. kutejensis. Hass Becc).

Aplikasi Berbagai Jenis Pupuk Organik dan Dosis Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Lai Mahakam (D. kutejensis. Hass Becc).

Authors

  • Muhammad Anas Sholikhin Prodi Agroteknologi Faperta Universitas Widya Gama Mahakam
  • Rustam Baraq Noor Prodi Agroteknologi Faperta Universitas Widya Gama Mahakam
  • Tutik Nugrahini Prodi Agroteknologi Faperta Universitas Widya Gama Mahakam

Abstract

Aplikasi Berbagai Jenis Pupuk Organik dan Dosis Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Lai Mahakam (D. kutejensis. Hass Becc). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pupuk organik yang tepat, untuk mengetahui pemberian dosis pupuk yang tepat dan mengetahui interaksi penggunaan pupuk organik dan dosis pupuk yang terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman Lai Mahakam. Lokasi penelitian ini dilaksanakan diLahan Pertanian Kampus Widya Gama Mahakam Samarinda Kalimantan Timur. Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan terhitung dari bulan September sampai dengan November 2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap faktorial 6 x 3 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah penggunaan pupuk organik (P) yang terdiri dari 6 taraf yaitu : p0 (kontrol), p1 (pupuk organik kotoran kambing), p2 (pupuk organik kotoran ayam petelur), p3 (pupuk organik kotoran ayam potong), p4 (pupuk organik kotoran sapi) dan  p5 (pupuk organik kotoran burung walet). Faktor kedua adalah pemberian dosis (D) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : d0 (kontrol), d1 (5 g/polybag) dan d2 (10 g/polybag).Perlakuan penggunaan pupuk organik berpengaruh sangat nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan pemberian dosis pupuk berpengaruh sangat nyata terhadap semua parameter pengamatan.. Interaksi antara aplikasi perlakuan berbagai jenis pupuk organik dan dosis tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan.

 

Kata kunci : Pupuk organikdan bibit lai

Downloads

How to Cite

Muhammad Anas Sholikhin, Rustam Baraq Noor, & Nugrahini, T. (2015). Different Types of Organic Fertilizer Application and Dosage on Growth Seeds Lai Mahakam (D. kutejensis. Hass Becc).: Aplikasi Berbagai Jenis Pupuk Organik dan Dosis Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Lai Mahakam (D. kutejensis. Hass Becc). Agrifarm: Jurnal Ilmu Pertanian, 4(1), 9–13. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/agrifarm/article/view/1289

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>