Growth Response Three Seed Varieties Durian (Durio zibethinus Murr) Provision Against Various concentrations of Organic Liquid Fertilizer D.I Grow Green.

Respon Pertumbuhan Tiga Varietas Bibit Durian (Durio zibethinus Murr) Terhadap Pemberian Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair D.I Grow Green.

Authors

  • Eko Jarkoni Prodi Agroteknologi Faperta Universitas Widya Gama Mahakam
  • Tutik Nugrahini Prodi Agroteknologi Faperta Universitas Widya Gama Mahakam
  • Mahdalena Prodi Agroteknologi Faperta Universitas Widya Gama Mahakam

Abstract

Respon Pertumbuhan Tiga Varietas Bibit Durian (Durio zibetinus Murr) Terhadap Pemberian Berbagai Konsentarsi Pupuk Organik Cair D.I Grow Green.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pemberian POC D.I Grow Green dan konsentrasi optimum pada pertumbuhan tiga varietas bibit durian (Durio zibethinus Murr). Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 4 bulan, mulai dari bulan Agustus sampai dengan November 2013, tempat penelitian di lahan Jl. Thoyib Hadiwijaya Sempaja Selatan, Samarinda Utara dan Provinsi Kalimatan Timur. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok faktorial 3 x 4 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah varietas bibit (V) durian yang terdiri dari 3 taraf, yaitu : v1 (varietas salisun), v2  (varietas kani) dan v3  (varietas otong) dan faktor kedua adalah pemberian konsentrasi POC D.I. Grow Green (D) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu : d0 (kontrol), d1 (1,5 ml/ liter air), d2 (3,0 ml/ liter air) dan d3 (4,5 ml/ liter air). Perlakuan jenis varietas tidak berpengaruh nyata terhadap rata-rata pertambahan tinggi tanaman dan pertambahan diameter batang umur 21 hari setelah tanam, tetapi berpengaruh nyata terhadap rata-rata pertambahan tinggi tanaman dan pertambahan diameter batang umur 42 dan 63 hari setelah tanam, pertambahan jumlah daun dan pertambahan jumlah cabang. Perlakuan yang terbaik untuk rata-rata pertambahan tinggi tanaman dicapai pada varietas v1 (varietas salisun) yaitu 24,55 cm, sedangkan perlakuan terendah dicapai pada varietas v2 (varietas kani) yaitu 20,65 cm. Perlakuan konsentrasi pupuk organik cair D.I Grow Green tidak berpengaruh nyata terhadap rata-rata pertambahan tinggi tanaman dan pertambahan diameter batang umur 21 hari setelah tanam, tetapi berpengaruh nyata terhadap rata-rata pertambahan tinggi tanaman dan pertambahan diameter batang umur 42 dan 63 hari setelah tanam, pertambahan jumlah daun dan pertambahan jumlah cabang. Perlakuan yang terbaik untuk rata-rata pertambahan tinggi tanaman dicapai pada perlakuan d2 (3,0 ml/liter air) yaitu 24,53 cm, sedangkan perlakuan terendah dicapai pada perlakuan d0 (kontrol) yaitu 21,73 cm. Interaksi antara jenis varietas dan konsentrasi pupuk organik cair D.I Grow Green tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan.

 

Kata Kunci : Varietas durian dan pupuk organik cair D.I Grow Green.

Downloads

How to Cite

Eko Jarkoni, Nugrahini, T., & Mahdalena. (2014). Growth Response Three Seed Varieties Durian (Durio zibethinus Murr) Provision Against Various concentrations of Organic Liquid Fertilizer D.I Grow Green.: Respon Pertumbuhan Tiga Varietas Bibit Durian (Durio zibethinus Murr) Terhadap Pemberian Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair D.I Grow Green. Agrifarm: Jurnal Ilmu Pertanian, 3(2), 47–52. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/agrifarm/article/view/1285

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>