Pengembangan Kompetensi Komunikasi dan Kepemimpinan Remaja dalam Pembangunan Komunitas Lokal Kecamatan Tigaraksa Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3554Keywords:
pemuda, MC, protokolAbstract
Generasi muda memiliki peran strategis dalam membentuk dan menggerakkan pembangunan komunitas lokal. Namun, di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, masih ditemukan rendahnya keterampilan komunikasi formal serta kurangnya profesionalisme dalam berorganisasi dan berinteraksi sosial. Kondisi ini berdampak pada terbatasnya partisipasi pemuda dalam kegiatan pembangunan berbasis masyarakat. Oleh karena itu, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi oleh urgensi peningkatan kapasitas komunikasi formal dan profesionalisme guna memperkuat peran dan kontribusi pemuda dalam pembangunan komunitas lokal. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi oleh urgensi peningkatan keterampilan komunikasi formal dan profesionalisme di kalangan pemuda Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Keterampilan sebagai Master of Ceremony (MC) dan pemahaman keprotokolan menjadi kompetensi penting dalam membentuk karakter pemuda yang percaya diri dan siap tampil sebagai pemimpin dalam berbagai kegiatan masyarakat maupun profesional. Tujuan kegiatan ini adalah membekali peserta dengan kemampuan memandu acara secara sistematis dan etis, serta memahami struktur dan prosedur keprotokolan secara komprehensif. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan intensif yang berlangsung selama tiga bulan, dimulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Kegiatan dilakukan melalui sesi teori, lokakarya interaktif, simulasi praktis, serta mentoring dari praktisi MC dan protokol. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan di Aula Serbaguna Institut Teknologi Indonesia, Serpong, Tangerang. Sebanyak 30 peserta mengikuti program ini secara aktif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara di depan umum, pemahaman terhadap tata acara formal, serta kesiapan peserta untuk terlibat dalam kegiatan komunitas dan dunia kerja secara profesional. Kesimpulannya, program ini berkontribusi dalam membentuk generasi muda yang komunikatif, profesional, dan siap menjadi agen perubahan positif di lingkungan sosial mereka.
References
Addai-Dansoh, A., & Amoako, I. O. (2020). The current state of research on training
effectiveness. In Delivering Impact in Management Research (pp. 87–104)
Springer.
Addimando, F. (2024). Effective communication strategies. In Trade Show Psychology
(pp. 53–72). Springer.
Deng, C., Gulseren, D., Isola, C., Grocutt, K., & Turner, N. (2023). Transformational
leadership effectiveness: An evidence-based primer. Human Resource
Development International, 26(5), 627–641.
Gunatilleke, G. (2020). Justifying limitations on the freedom of expression. Human
Rights Review, 22(1), 91–108.
Iwasaki, Y. (2016). The role of youth engagement in positive youth development and
social justice youth development for high-risk, marginalised youth. International
Journal of Adolescence and Youth, 21(3), 267–278.
Lalitha, S. (2023). Youth participation in community development: Issues and
implications. In Handbook of Youth Development (pp. 443–455). Springer.
Mittal, P., & Bansal, R. (2024). Student-led organizations and initiatives for
environmental impact. In Community Engagement for Sustainable Practices in
Higher Education (pp. 71–87). Springer.
Webster, M., Norwood, K., Waterworth, J., & Leavey, G. (2024). Effectiveness of
intergenerational exchange programs between adolescents and older adults: A
systematic review. Journal of Intergenerational Relationships, 22(4), 603–644.
Widodo et al (2024), Exploring the correlation between self-efficacy and oral
communication skills among seniors high school EFL students in Indonesia”
Indonesian Journal of learning and instruction, 7(2)
Zorlu, K., & Korkmaz, F. (2021). Organizational communication as an effective
communication strategy in organizations and the role of the leader. In
Management Strategies to Survive in a Competitive Environment (pp. 305–320). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-72288-3_21
Statistics Indonesia. "Youth Statistics Indonesia 2020." Jakarta: BPS, 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nieke Monika Kulsum, Nurhasanah Haspiaini, Agus Salim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



