Pelatihan Manik-Manik Motif Kalimantan sebagai Upaya Pengembangan Kreatifitas Anak Imigran Indonesia di Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.3000Keywords:
Pelatihan, Kreatifitas, Imigran, Manik-manikAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi siswa dengan mengajarkan keterampilan buah melon khas Kalimantan Timur berupa cincin dan gelang. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Kuala Langat Learning Studio, Malaysia. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi yang melibatkan 41 siswa berusia 6 sampai 13 tahun. Kegiatan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan dan kreativitas kerajinan anak-anak, tetapi juga mengenalkan mereka pada warisan budaya Indonesia. Dengan menggunakan motif Kalimantan, anak-anak belajar memahami dan melestarikan tradisi melalui karya seni yang mereka ciptakan. Karya-karya ini merupakan simbol kebanggaan, hasil kerja keras mereka selama menjalani pelatihan, dan bukti nyata kemampuan mereka dalam berkreasi dan berinovasi.
References
Astati. (1995). Terapi Okupasi, Bermain dan Musik untuk Anak Tunagrahita. Bandung:
Depdikbud
Samsudin. (2005). Pengembangan motorik di Taman kanak-kanak. Jakarta: Universitas negeri Jakarta.
Simon, A. (2016). Kerajinan Khas Dayak. Samarinda Press.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tri Wahyuni Purwaningsih, Aang Solahudin Anwar, 2023. Meningkatkan Kreativitas Siswa Terhadap Kerajinan Tangan Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa Vol 2 No 1. ISSN: 2962-9357. E-ISSN: 2962-9942
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khusnul Khatimah, Khairul Amin, Dzul Rachman, Ashifa Nabila, Evan Ikhsan Fadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.