Evaluation Of The “Tentang Kita” Program In An Effort To Improve Reproductive Health and Family Planning In Adolescents at BKKBN Jambi Province
DOI:
https://doi.org/10.24903/kujkm.v10i2.3011Keywords:
remaja, kesehatan reproduksi, program tentang kita, BKKBN, Evaluasi ProgramAbstract
Latar Belakang : Remaja memiliki peran penting dalam pembangunan dan daya saing di era globalisasi. Di Indonesia, remaja mencakup 21,44% dari total populasi. Meskipun umumnya sehat, remaja sering terlibat dalam perilaku berisiko karena kurangnya pemahaman mengenai kesehatan reproduksi. Program “Tentang Kita” dikembangkan untuk memberikan pendidikan kesehatan reproduksi dan perencanaan masa depan bagi remaja melalui pendekatan peer to peer. Evaluasi program ini di Provinsi Jambi untuk menilai efektivitas dan implementasinya.
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mode deskriptif analitik untuk memberikan gambaran mendalam terhadap Program “Tentang Kita”. Lokasi penelitian di BKKBN Provinsi Jambi. Informan dipilih menggunakan purposive sampling dan terdiri dari Ketua Tim Kerja 5 Ketahanan Remaja, Ketua Forum GenRe Indonesia Provinsi Jambi, Fasilitator delegasi Kabupaten/Kota dan Duta GenRe Provinsi Jambi. Data dikumpulkan menggunakan sofware Open Code.
Hasil : Hasil wawancara menunjukkan bahwa sumber anggaran untuk Program “Tentang Kita” berasal dari APBN, APBD, kampus, kas PIK R dan dana pribadi fasilitator. Hambatan utama adalah tidak adanya dana khusus dan kurangnya transparansi. SDM yang terlibat sudah kompeten. Namun, terdapat kendala dalam ketersediaan sarana dan prasarana khususnya di kelompok PIK R. Metode pelaksanaan program mengikuti struktur berjenjang.
Kesimpulan : Program “Tentang Kita” memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesehatan reproduksi remaja, namun memerlukan perbaikan dalam aspek anggaran, sarana dan prasarana, serta koordinasi implementasi di tingkat Kabupaten/Kota. Penguatan sumber daya manusia dan dukungan fasilitator menjadi kunci keberhasilan program ini.
Kata Kunci : Remaja, kesehatan reproduksi, Program Tentang Kita, BKKBN, Evaluasi Program.
Downloads
References
World Health Organization. Kesehatan Remaja.
Widiawati S, Selvi S. Edukasi kesehatan reproduksi pada remaja. J Pengabdi Harapan Ibu. 2022;4:14.
Badan Pusat Statistik. Data Jumlah Penduduk Usia 15 tahun ke Atas Menurut Golongan Umur. OSCEs for the Final FFICM. 2016. p. 13–5.
Fatoni Z, Situmorang A. Determinan Perilaku Berisiko Remaja Terkait Seksualitas Di Era Globalisasi: Kasus Kota Medan (Determinant of Adolescent Risky Behaviors Related To Sexuality in the Globalization Era: Case of Medan City). J Kependud Indones |. 2019;14:137–52.
Yuliasari H. Pelatihan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Self Awareness Terhadap Perilaku Beresiko Remaja. J Psikol Insight. 2020;4:63–72.
Maulana MA. Studi kasus kenakalan remaja tingkat sekolah menengah pertama di Kota Sukoharjo. Edudikara J Pendidik dan Pembelajaran. 2019;4:91–8.
Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI). Badan Pusat Statistik. 2017.
KEMENKO PMK. Pemerintah Fokus Cegah Perilaku Seksual Berisiko di Kalangan Pemuda.
Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN. Kurikulum Tentang Kita.
Windiany E, Ulya AS, Asifah D, Kebidanan A, Kemuliaan B. Pengetahuan dan Perilaku Seksual Beresiko remaja Terhadap Kesehatan reproduksi di SMK X. 2018;2:37–44.
Liana I. Efektivitas Program Generasi Berencana Pusat Informasi Konseling (Pik) Remaja Bagi Siswa Sma Negeri Di Kota Banda Aceh. 2018;4:15.
Ilmu J, Publik A, Sosial FI, Padang UN, Ilmu J, Publik A, et al. Efektivitas Duta Genre dalam Memasyarakatkan Program Genre BKKBN di Kota Padang Yatsuko Juliana Sukamto. 2019;3:91–102.
Fhadila KD. Menyikapi Perubahan Perilaku Remaja. Penelit Guru Indones. 2018;2.
Kusumawati PD, Ragilia S, Trisnawati NW, Larasati NC. Edukasi Masa Pubertas pada Remaja. Community Engagem Heal. 2018;1:1–3.
Ermayani T. Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Pendidik Karakter. 2015;127–41.
Remaja K, Penanganannya DAN. Kenakalan remaja dan penanganannya. 2017;4.
Firdaus W, Marsudi MS. Konseling Remaja yang Kecanduan Gadget Melalui Terapi Kognitif Behavior. 2021;6:15–24.
Subdit Pengembangan Program Bina Ketahanan Remaja Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN, editor. Modul Tentang Kita Segmentasi Berani. Jakarta Timur: BKKBN;
Putro KZ. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. 2017;17:25–32.
Fatmawati TY, Efni N, Chandra F. Status Gizi dan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi terhadap Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). J Akad Baiturrahim Jambi. 2022;11:243.
BKKBN. Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Siswa (PIK R/M). Suparyanto dan Rosad (2015. 2012;5:248–53.
Wardani HK, Darusuprapti F, Hajaroh M. Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven Model, Tyler Model, dan Goal Free Evaluation). J Pendidik Ris dan Konseptual. 2022;6:36.
Novalinda R, Ambiyar A, Rizal F. Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi J Pendidik. 2020;18:137.
Munthe AP. Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Sch J Pendidik dan Kebud. 2015;5:1.
Wirawan. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. 2011. 376 p.
Wirawan. Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. First Edit. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2012. 356 p.
Fitrah M. Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Dr. Ruslan, M.Pd MA, Dr. Moch. Mahfud Effendi M., editors. Jawa Barat: CV Jejak; 2017. 234 p.
Darwis SA. Knowledge and Anxiety Levels Of Nursing Academy Student at Marthen Indey Hospital Against The Covid-19 Vaccine. Heal Papua. 2021;4:238–43.
Heryana, A., & Unggul UE. Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif. Sist Inf Akunt Esensi dan Apl [Internet]. 2018;14. Available from: eprints.polsri.ac.id
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2012;144.
Djam’an Satori A. Metode Penelitian Kualitatif. Cet 2. Bandung: Alfabeta; 2010. 258 p.
Boerhan. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta; 2007. 348 p.
Prof. DR. Lexy J. Moleng M. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2018. 410 p.
Sriwijaya U. Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. 2020;5:146–50.
Novrizaldi. PemerintaN Terus Kuatkan Penyelenggaraan Program Kabupaten/Kota Sehat [Internet]. KEMENKO PMK. 2024. Available from: https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-terus-kuatkan-penyelenggaraan-program-kabupatenkota-sehat
Mongan JJS. Pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan dan kesehatan terhadap indeks pembangunan manusia di Indonesia. Indones Treas Rev J Perbendaharaan Keuang Negara dan Kebijak Publik. 2019;4:163–76.
Sudarmi S. Evaluasi Implementasi Program Kelas Ibu Hamil (KIH). J Kesehat. 2021;12:381.
Benga D, Suhartono S, Wahyuningsih NE. Pemantauan Dan Evaluasi Pelaksanaan Program Stbm Diwilayah Kerja Puskesmas Jawakisa Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeopropinsi Nusa Tenggara Timur. J Kesehat Masy. 2022;10:191–200.
Rumampuk M, Tulusan FMG, Kolondam HF. Kemampuan kerja fasilitator dalam pendampingan masyarakat di Desa Ranoketang Tua Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. JAP J Adm Publik. 2021;7:70–8.
Farih MN. Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah Di Sma Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan. 2020;1–45.
Hermin Syamsiah, Meryna Putri Utami. Pendekatan Emosional Masyarakat Desa Negara Batin II Untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. DIAJAR J Pendidik dan Pembelajaran. 2023;2:83–9.
Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, Milya Sari. Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akad J Manaj Pendidik Islam. 2023;5:47–59.
Raiyani EL. Kompetensi Menangani Surat Atau Dokumen Kantor. Materi dari kejur. Pendidik Ekon. 2015;
Hasanah Z, As’ad MU, Akhmad B. Program Kerja Sebagai Kepuasan Pelayanan Kepada Masyarakat Kecamatan Sungai Pinang. J Mhs. 2021;1–13.
Eriana NND, Prabawati I. Implementasi Program Balaputra Kita (Bayi Lahir Pulang Terima Akta Kelahiran Dan Kartu Identitas Anak) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto. Publika. 2022;1173–86.
Sebagai D, Satu S, Untuk S, Ujian M, Fakultas P, Dan E, et al. Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Ujian Skripsi Pada Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 2020;
Kebijakan Kesehatan Indonesia. Pelatihan Perencanaan Program Kesehatan [Internet]. JKKI. 2023. Available from: https://kebijakankesehatanindonesia.net/23-agenda/4731-pelatihan-perencanaan-program-kesehatan#
Hasibuan R. Buku Ajar Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Fak Kesehat Masyarakat, Univ Islam Negeri Sumatera Utara. 2021;37–43.
Ode S, Studi P, Pemerintahan I, Sosial FI, Politik I, Indonesia J, et al. Implementasi Program “ Tentang Kita ” Dalam Mempersiapkan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja Implementation Of “ Tentang Kita ” Program In Preparing. 2024;10:15–24.
Anggaran R, Anggaran R, Banyumas BK. LKjIP Bappedalitbang Kabupaten Banyumas. 2019;
Lestari P. Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018 / 2019. J Ilm Rinjani [Internet]. 2019;7:98. Available from: https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/view/194/149
Widiastuti W. Overcoming facilities limitations affecting physical education learning activities. Polyglot J Ilm. 2019;15:140.
Likumahua ZR. Literatur Riview: Sistem Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk) Di Puskesmas. 2020.
BKKBN. Mekanisme Operasional Lini Lapangan Program Bangga Kencana Tahun 2020. 2020. 1–110 p.
Suryani ND, Solikhah. Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (Sp2tp) Di Wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Provinsi Ntb. Kesmas. 2013;7:27–32.
Adiani P, Diniyah L, Yulistia N, Kirana RF, ... Pentingnya Kolaborasi Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. J Kreat
Triantoro OP. Efektivitas Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Daring dengan Menggunakan LMS Quipper School di SMAN 1 Panji Situbondo. Mitra Pendidik J Pendidik dan Pembelajaran. 2021;2:110–8.
Saran DAN. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Kesehatan. Ekon Islam. 2019;46–47.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nindya Sabrina Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.