PENGALIHAN DENDA TERHADAP PENGHENTIAN SEWA-MENYEWA KOST PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO. 12/DSN-MUI/IV/2000 PADA USAHA INDEKOST DI JALAN JERMAL XV MEDAN DENAI

Authors

  • Isnanda Ayu Misriyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tetty Marlina Tarigan

DOI:

https://doi.org/10.24903/yrs.v16i1.2722

Keywords:

Pengalihan Denda, Penghentian Sewa-Menyewa Kost, Fatwa DSN MUI No.12/DSN-MUI/IV/2000

Abstract

Jurnal ini menyelidiki pengalihan denda terkait penghentian sewa kost dari perspektif Fatwa DSN MUI No.12/DSN-MUI/IV/2000 tentang Hawalah pada usaha Indekost di Jl. Jermal XV Medan Denai. Melalui studi kasus pada lokasi tersebut, dilakukan analisis terhadap pengalihan denda pada penghentian sewa kost sesuai dengan fatwa tersebut. Kasus diuji untuk memahami realitas yang dihadapi pemilik dan penyewa kost, serta implementasi fatwa tersebut dalam praktik sewa-menyewa kost di Jl. Jermal XV Medan Denai. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan Yuridis, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pemilik kost dapat mengalihkan denda kepada pihak ketiga dalam situasi tertentu, sebagaimana disarankan dalam Fatwa DSN MUI. Namun, penting untuk memperhatikan batasan perjanjian awal dan jumlah denda yang disepakati. Fatwa tersebut mendorong pengalihan denda dengan prinsip keadilan, tidak memberatkan pihak yang terlibat, dan sejalan dengan nilai-nilai Islam. Praktek pengalihan denda harus menjaga prinsip keadilan agar tidak merugikan penyewa atau pihak ketiga yang menerima denda tersebut. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan dalam menangani masalah pengalihan denda dan penghentian sewa-menyewa kost dengan lebih adil dan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ADAM, A. K. (2020). TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGALIHAN FUNGSI RUMAH SEWA SEBAGAI WARUNG (Studi Pada Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan). Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung, 2.

Chairuman Pasaribu dan Suhrawadi K. Lubis. (2004). Hukum Perjanjian dalam Islam, Cet. III,. Jakarta: Sinar Grafika.

DSN-MUI Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia. (2000). (DSN-MUI) No: 12/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Hawalah. Jakarta: DSN-MUI.

Fatwa DSN MUI NO:09/DSN-MUI. (2000). Tentang Pembiayaan Ijarah. Jakarta: DSN MUI.

Hadits.id. (2023). Hadits Tirmidzi No. 1272 Perdamaian antara. https://www.hadits.id/hadits/tirmidzi/1272, 6.

Helmi Karim. (2001). Fiqh Mu‟amalah. Bandung: Pustaka Setia.

Khumedi Ja‟far. (2016). Hukum Perdata Islam di Indonesia. Bandar Lampung : Permatanet.

Lexy J Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maftuh Ahnan. (2020). Kamus Arab Al-Misbah. Jakarta: Galaxy.

Moh Saifullah Al-Aziz. (2010). Fiqih Islam Lengkap (Pedoman Hukum Ibadah Umat Islam dengan Berbagai Permasalahan). Surabaya: Terbit Terang.

Praba, Dewa Ayu Putu Utari. (2020). Perjanjian Sewa-Menyewa Rumah Kos (Indekos) Bagi Para Pihak Terkait Perjanjian Lisan Di Kota Singaraja. Jakarta: Ganesha Law Review.

Praba, Dewa Ayu Putu Utari. (Jakarta). erjanjian Sewa-Menyewa Rumah Kos (Indekos) Bagi Para Pihak Terkait Perjanjian Lisan Di Kota Singaraja. 2020: Ganesha Law Review.

Praba, Dewa Ayu Putu Utari. (Jakarta). Perjanjian Sewa-Menyewa Rumah Kos (Indekos) Bagi Para Pihak Terkait Perjanjian Lisan Di Kota Singaraja. 2020: Ganesha Law Review.

Syamsul Anwar. (2010). Hukum Perjanjian Syariah. Jakarta: 2010.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Isnanda Ayu Misriyah, & Tetty Marlina Tarigan. (2024). PENGALIHAN DENDA TERHADAP PENGHENTIAN SEWA-MENYEWA KOST PERSPEKTIF FATWA DSN MUI NO. 12/DSN-MUI/IV/2000 PADA USAHA INDEKOST DI JALAN JERMAL XV MEDAN DENAI. Yuriska: Jurnal Ilmiah Hukum, 16(1), 61–71. https://doi.org/10.24903/yrs.v16i1.2722