ANALISIS MIX MARKETING 7P PADA KENAIKAN JUMLAH NASABAH PT. ASURANSI BANGUN ASKRIDA KANTOR CABANG SAMARINDA

Authors

  • Radityo suksmaneng daru Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Alfi Buya

Keywords:

Marketing Mix 7P, Asuransi

Abstract

Pemasaran sangat penting dilakukan ditengah menghadapi persaingan dunia usaha yang
kompetitif sehingga diperlukan strategi pemasaran yang baik dan tepat. Penurunan yang
terjadi pada jumlah nasabah diakibatkan karena kurangnya pemasaran yang dilakukan terlebih
pada periode 2018 hingga periode 2021 masuk atau mengalami masalah pandemi atau krisis
kesahatan Covid 19. Strategi pamasaran yang dilakukan pada PT Asuransi Bangun Askrida
Kantor cabang Samarinda menggunakan 7P. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana terkait bauran pemasaran (marketing mix) pada kenaikan jumlah
nasabah asuransi kebakaran pada PT. Ausransi Bangun Askrida Kantor Cabang Samarinda..
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptiv kualutatif yang mana data
diperoleh dari hasil amatan atau observasi serta wawancara lapangan yang dilakukan oleh
peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pada PT. Asuransi Bangun ASKRIDA
Kantor Cabang Samarinda memiliki produk unggulan untuk asuransi kebakaran dengan nama
Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI); harga pada PT. Asuransi Bangun
ASKRIDA Kantor Cabang Samarinda didapat dengan harga premi atau kontribusi yang
ditawarkan.

References

Bogdan, R. C., & Biklen, K. S. (1982). Qualitative Research for Education : An Introduction to

Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. (Linda Albelli, Ed.). Harlow:

Pearson Education Limited. Retrieved from www.pearsonglobaleditions.com

Kottler, P., & Kotler, P. dan A. G. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: PT. Indeks.

Ktut, S. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: PT. Erlangga.

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2005). Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Othman, Bestoon, He Weijun, Zhengwei Huang, Wirya Najm Rashid, Jing Xi, and Fang Yuan.

(2021). "The Effect of Service Marketing Mix Elements and Customer Retention Towards

Clothing Store Brands in China." Industria Textila 72 (4): 388-397.

doi:https://doi.org/10.35530/IT.072.04.1777.

https://www.proquest.com/scholarly-journals/effect-service-marketing-mix-elements-custo

mer/docview/2571494535/se-2.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rianto, A. A. M. N. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukawati, T. (2019). PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI KEPUASAN

PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK HIJAU MEREK

HERBALIFE. E-Jurnal Manajemen, 8(3), 1285 - 1314.

doi:10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i03.p05

Sula, M. S. (2004). Asuransi Syariah: Life And General: Konsep Dan Sistem Operasional.

Jakarta: Gema Insani.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: CV.

Andi Offset.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

daru, R. suksmaneng, & Buya, A. (2023). ANALISIS MIX MARKETING 7P PADA KENAIKAN JUMLAH NASABAH PT. ASURANSI BANGUN ASKRIDA KANTOR CABANG SAMARINDA. OBOR: Oikonomia Borneo, 5(1), 1–13. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/oikonomia/article/view/2207

Issue

Section

Articles